Dampak Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Pada Kondisi Ekonomi dan Sosial Masyarakat di Desa Liprak Kulon dan Banyuanyar Tengah Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo

Dewi Putri Rindiani, Rindiani (2024) Dampak Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Pada Kondisi Ekonomi dan Sosial Masyarakat di Desa Liprak Kulon dan Banyuanyar Tengah Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-016-ES-2024)
Rindiani Putri Dewi NIM.204105010102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pembangunan merupakan sebuah perubahan yang direncanakan dengan memiliki tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dengan memberikan sarana dan prasarana yang berkualitas. Pembangunan infrastruktur memberikan peranan yang sangat penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini difokuskan pada “Dampak Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Pada Kondisi Ekonomi Dan Sosial Masyarakat”.
Fokus penelitian ini adalah 1.) Dampak pembangunan infrastruktur jalan tol Pasuruan-Probolinggo terhadap kondisi Ekonomi dan Sosial Masyarakat di Desa Banyuanyar Tengah dan Liprak Kulon, Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo? 2.) Kondisi Ekonomi dan Sosial masyarakat terdampak di Desa Banyuanyar Tengah dan Liprak Kulon dengan adanya pembangunan jalan tol?.
Tujuan Penelitian ini adalah 1.) Untuk mengetahui Dampak pembangunan infrastruktur jalan tol Pasuruan-Probolinggo terhadap kondisi Ekonomi dan Sosial Masyarakat di Desa Banyuanyar Tengah dan Desa Liprak Kulon kecamatan Banyuanyar,Probolinggo. 2.) Untuk mengetahui kondisi Ekonomi dan Sosial masyarakat di Desa Banyuanyar Tengah dan Liprak Kulon dengan adanya pembangunan jalan tol
Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan jenis data primer dan sekunder. Pemilihan subjek pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sumber data informan dan sekunder, dan menerapkan teknik purposive. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara,dan dokumentasi. Dan analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara berkelanjutan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah 1.) Dampak pembangunan infrastruktur jalan tol memberikan dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Dampak negatif adalah masyarakat menjadi konsumtif, perusakan infrastruktur jalan, dan lahan pertanian menjadi tidak produktif. Sedangkan dampak positif perekonmian masyarakat menjadi meningkat, harga lahan yang terlibat menjadi lebih mahal. dan mempermudah jarak tempuh ke luar kota. 2.) Kondisi Ekonomi dan Sosial masyarakat mengalami perubahan dengan adanya pembangunan jalan tol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan, Infrastrukur, Jalan Tol, Kondisi Ekonomi dan Sosial
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149902 Ecological Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: RINDIANI PUTRI DEWI
Date Deposited: 12 Jun 2024 05:51
Last Modified: 10 Jul 2024 04:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33104

Actions (login required)

View Item View Item