Implementasi Akuntansi Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Bustanul Ulum Wongsorejo)

ASAN, AMSORI (2024) Implementasi Akuntansi Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Bustanul Ulum Wongsorejo). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Amsori Asan.pdf

Download (4MB)

Abstract

Amsori Asan, Agung Parmono, 2024: Implementasi Akuntansi Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Bustanul Ulum Wongsorejo)

Kata Kunci: Implementasi, Akuntansi Pesantren

Paling utama yang diperlukan dalam suatu pondok pesantren yang besar yaitu diperlukannya pengelolaan yang baik dari berbagai aspek yang ada di pondok pesantren tersebut. Salah satu aspek yang paling penting dalam entitas adalah aspek keuangan dan pencatatan pelaporan keuangan yang memiliki dampak besar terhadap keberlangsungan entitas tersebut. Namun faktanya masih terdapat pesantren di Indonesia yang tidak memperhatikan aspek keuangan dan pencatatan pelaporan keuangannya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Pencatatan Keuangan Pada Laporan Keuangan Pondok Pesantren Bustanul Ulum Wongsorejo? 2) Apa Yang Menjadi Faktor Penyebab Tidak Dilakukan Pencatatan Keuangan Pada Laporan Keuangan Pondok Pesantren Bustanul Ulum Wongsorejo?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Pencatatan Keuangan Pada Laporan Keuangan Pondok Pesantren Bustanul Ulum Wongsorejo? 2) Untuk Mengetahui Faktor Penyebab Tidak Dilakukan Pencatatan Keuangan Pada Laporan Keuangan Pondok Pesantren Bustanul Ulum Wongsorejo?
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis lapangan. Menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data informasi. Informasi yang didapatkan dianalisis dengan metode miles and huberman. Untuk menguji keabsahan informasi yang diperoleh menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwasanya, 1) Pencatatan Keuangan Pada Laporan Keuangan Pondok Pesantren Bustanul Ulum Wongsorejo, masih belum tersedia sampai saat ini dikarenakan minimnya pengetahuan serta SDM yang tidak memadai dalam bidang accounting. 2) Faktor Penyebab Tidak Dilakukan Pencatatan Keuangan Pada Laporan Keuangan Pondok Pesantren Bustanul Ulum Wongsorejo yaitu dari pihak internal dan eksternal yang mana tidak terlalu memperhatikan dan mementingkan adanya pelaporan keuangan pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr AMSORI ASAN
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:16
Last Modified: 13 Jun 2024 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33105

Actions (login required)

View Item View Item