Budaya Literasi Dalam Pembentukan Karakter Religius Anak di Kampoeng Batja Partang Jember.

IQLIMAH, MAULIDIYAH (2020) Budaya Literasi Dalam Pembentukan Karakter Religius Anak di Kampoeng Batja Partang Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
IQLIMAH MAULIDIYAH_T20161158.pdf

Download (27MB)

Abstract

Iqlimah Maulidiyah, 2020: Budaya Literasi Dalam Pembentukan Karakter Religius Anak di Kampoeng Batja Partang Jember. Berbagai fenomena yang sering terjadi di masyarakat salah satunya adalah dekadensi moral, hal tersebut disebabkan kurang minat nya anak-anak terhadap kegiatan literasi serta akibat pengaruhnya perkembangan teknologi yang semakin canggih dan semakin pesat. Oleh karena itu perlu adanya dorongan dari masyarakat dan orang tua untuk membentuk karakter anak sebagai salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Dalam hal ini di kampoeng batja terdapat budaya literasi yang memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak. Di kampoeng batja terdapat banyak kegiatan yang mengajarkan tentang keagamaan pada anak-anak salah satunya yakni melaui kegiatan membaca, menulis dan berbicara. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana budaya literasi dalam pembentukan karakter membaca anak di Kampoeng Batja? 2) bagaimana budaya literasi dalam pembentukan karakter menulis anak di Kampoeng Batja? 3) bagaimana budaya literasi dalam pembentukan karakter berbicara anak di Kampoeng Batja? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) budaya literasi dalam pembentukan karakter membaca anak di Kampoeng Batja 2) budaya literasi dalam pembentukan karakter menulis anak di Kampoeng Batja 3) budaya literasi dalam pembentukan karakter berbicara anak di Kampoeng Batja. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensai data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) budaya literasi dalam pembentukan karakter membaca anak di Kampoeng Batja terdapat karakter membaca yaitu dengan karakter membaca reseprif yaitu dengan membaca narasi, karakter membaca reflektif dengan menghitung atau membaca naskah matematika, karakter membaca skimming dengan membaca buku atau merivew buku, karakter membaca skimming dengan mengetahui gagasan pokok pada teks dan karakter membaca scanning dengan mencari kata pada kamus dan mencari makna dari gambar. 2) budaya literasi dalam pembentukan karakter menulis anak di Kampoeng Batja yaitu dengan menulis cerita, menulis sinopsis dan menulis pantun. 3) budaya literasi dalam pembentukan karakter berbicara anak di Kampoeng Batja yaitu dengan karakter berbicara di depan publik seperti presentasi hasil diskusinya dan mendongeng. Serta karakter berbicara interpersonal seperti berbicara dengan orang disekitrnya dengan menggunakan bahasa yang sopan santun dan belajar berbicara bahasa inggris dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:52
Last Modified: 22 Mar 2022 04:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3312

Actions (login required)

View Item View Item