Pengembangan media komik digital pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi Organ Pencernaan manusia Kelas V di Sekolah Dasar Al Baitul Amien 02 Jember

Awaliyah, Arin Iradatul (2024) Pengembangan media komik digital pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi Organ Pencernaan manusia Kelas V di Sekolah Dasar Al Baitul Amien 02 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK - 038 - PGMI - 2024)
FILE_BENAR_SKRIPSI_ARIN_(GANDA).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Membaca sangat diperlukan pada kegiatan pembelajaran, terlebih pada pembelajaran yang memiliki beberapa materi yang terbilang cukup sulit dipahami. Maka dari itu pada setiap sekolah sudah mulai diterapkan sistem 15 menit membaca sebelum pelajaran dimulai. Tapi hal ini masih tidak berjalan efektif pada semua sekolah. Karena memang kegiatan membaca terdengar sebagai hal yang mudah untuk dilakukan, namun faktanya masih banyak para peserta didik yang enggan untuk melakukannya. Dengan alasan mereka merasa bosan, jenuh, dan apa yang mereka baca dirasa kurang menarik. Maka dari itu perlu adanya sebuah strategi untuk menjadikan kegiatan membaca lebih menyenangkan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media. Media komik digital merupakan media yang dapat diterapkan pada pembelajaran dikelas V D Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 02 Jember.
Pada pengembangan media komik digital memiliki beberapa rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana pengembangan komik digital sebagai media pembelajaran IPAS materi organ sistem pencernaan manusia pada kelas V di SD Al-Baitul Amien 02 Jember?, (2) Bagaimana kelayakan komik digital sebagai media pembelajaran IPAS materi organ sistem pencernaan manusia pada kelas V di SD Al-Baitul Amien 02 Jember?
Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah (1) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana pengembangan komik digital sebagai media pembelajaran IPAS materi organ sistem pencernaan manusia pada kelas V di SD Al-Baitul Amien 02 Jember, (2) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui kelayakan pengembangan komik digital sebagai media pembelajaran IPAS materi organ sistem pencernaan manusia pada kelas di SD Al-Baitul Amien 02 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan model pengembangan ADDIE, yang mana pada model ini memiliki lima tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Untuk teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket (kuisioner).
Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan yaitu (1) pada pengembangan ini produk yang dihasilkan yaitu media komik digital yang digunakan pada pembelajaran IPAS materi organ pencernaan manusia di Kelas V Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 02 Jember yang dikembangkan menggunakan metode R&D. (2) berdasarkan uji validasi kelayakan media, hasil dari kelayakan media ini yaitu validasi dari ahli media mendapatkan hasil sebesar 94,6% dengan kategori sangat layak. Validasi ahli materi sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak. Dan terakhir validasi dari ahli Bahasa yaitu sebesar 90% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arin Arin Iradatul Awaliyah Awaliyah
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:21
Last Modified: 03 Jul 2024 03:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33129

Actions (login required)

View Item View Item