Analisis Potensi Peningkatan Laba Melalui Transaksi Fee Based Income (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Probolinggo)

Ramadhaniah, Isma (2024) Analisis Potensi Peningkatan Laba Melalui Transaksi Fee Based Income (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Probolinggo). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

This is the latest version of this item.

[img] Text (SK-007-PS-2024)
SKRIPSI ISMA RAMADHANIAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Dalam aktivitas ekonomi, tujuan utamanya adalah memperoleh profit atau keuntungan. Bank Syariah Indonesia KCP Probolinggo memperoleh sumber laba dari transaksi pembiayan dan pelayanan transaksi Fee Based Income. Dalam pelayanannya di BSI KCP Probolinggo telah menerapkan metode transaksi fee based income untuk meningkatkan pendapatan laba, pelayanan yang baik membantu nasabah lebih mudah bertransaksi melalui metode fee based income. Jadi dengan diadakan metode transaksi fee based income tersebut diharapkan bisa meningkatkan pendapatan laba.
Rumusan masalah yang diteliti penulis diantaranya: 1) Bagaimana Menganalisis Potensi Peningkatan Laba Melalui Transaksi Fee Based Income pada layanan Jasa Bank Syariah Indonesia KCP Probolinggo? 2) Apa Dampak dari Potensi Peningkatan Laba Melalui Transaksi Fee Based Income pada layanan Jasa Bank Syariah Indonesia KCP Probolinggo?
Tujuan penelitian diantaranya: 1) Untuk Menganalisis Potensi Peningkatan Laba melalui Transaksi Fee Based Income pada layanan Jasa Bank Syariah Inodenesia KCP Probolinggo 2) Untuk mengetahui Dampak dari Potensi Peningkatan Laba melalui Transaksi Fee Based Income pada layanan Jasa Bank Syariah Indonesia KCP Probolinggo.
Dalam mengidetifikasi masalah tersebut, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk menentukan informan peneliti menggunakan teknik purporsive dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dan menngunakan teknik analisis data deskriptif dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Potensi peningkatan laba yang dilakukan Bank melalui transaksi fee based income untuk memperoleh laba diantaranya melalui transfer, kliring, insako, garansi bank, pembelian token listrik dan banyak lainnya. Dalam pelayanan jasa fee based income bank syariah indonesia harus melakukan transformasi layanan supaya memudahkan nasabah dalam bertransaksi tanpa mendatangi bank langsung, menambah fitur-fitur yang digunakan dalam transaksi digital di BSI Mobile untuk potensi peningkatan laba. 2) Dampak dalam potensi peningkatan laba melalui transaksi fee based income tersebut sangat berpengaruh dan signifikan. Dampak transaksi fee based income merupakan transaksi dengan resiko rendah. Selain memperoleh pendapatan, bank juga memperoleh nama baik bagi nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Isma Ramadhaniah
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:44
Last Modified: 11 Jul 2024 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33131

Available Versions of this Item

  • Analisis Potensi Peningkatan Laba Melalui Transaksi Fee Based Income (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Probolinggo). (deposited 12 Jun 2024 06:44) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item