Penerapan nilai agama moral melalui metode bercerita pada kelompok usia 5-6 tahun di ra ulul albab mangli kabupaten jember tahun ajaran 2023/2024

Permadi, Alan hakim (2024) Penerapan nilai agama moral melalui metode bercerita pada kelompok usia 5-6 tahun di ra ulul albab mangli kabupaten jember tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-004-PIAUD-2024)
ALAN HAKIM PERMADI_T20175020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Alan Hakim Permadi, 2024: Penerapan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita di Ra Ulul Albab Mangli Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
Cara guru menanamkan nilai agama dan moral salah satunya menggunakan metode bercerita, metode bercerita merupakan tehnik pembelajaran yang menarik bagi anak usia dini untuk menyampaikan pesan moral agama atau intelektual tertentu secara lisan kepada anak di usia 5 – 6 tahun. Fokus penelitian terbagi menjadi tiga yaitu: 1) Bagaimana Perencanaan Penerapan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok Usia 5-6 Tahun di RA Ulul Albab Mangli Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2023/2024. 2) Bagaimana Pelaksanaan Penerapan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok Usia 5-6 Tahun di RA Ulul Albab Mangli Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2023/2024. 3) Bagaimana evaluasi Penerapan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok Usia 5-6 Tahun di RA Ulul Albab Mangli Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) mendeskripsikan perencanaan penerapan nilai agama dan moral melalui metode bercerita di Ra Ulul Albab Mangli Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan penerapan nilai agama dan moral melalui metode bercerita di Ra Ulul Albab Mangli Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2023/2024. 3) Mendeskripsikan evaluasi penerapan nilai agama dan moral melalui metode bercerita di Ra Ulul Albab Mangli Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Saat memulai RAKER pada tahun ajaran baru yang menghasilkan alat pendidikan yang akan kita gunakan tahun berikutnya seperti ATP (Alur Tujuan Pembelajaran), CP (Capaian Pembelajaran) dan Modul Ajar. 2) Pelaksanaan Penerapan Nilai Agama Moral melalui metode bercerita terdiri dari kegiatan awal, kegiatan tambahan. Dan kegiatan pengembangan. 3) Evaluasi berupa Capaian perkembangan meliputi BM (Belum Muncul), SM (Sudah Muncul).
Kata kunci : Nilai agama, Moral, Metode Bercerita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Alan Hakim Permadi
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:01
Last Modified: 05 Jul 2024 06:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33132

Actions (login required)

View Item View Item