KUALITAS HADIS ADAB INTERAKSI SUAMI ISTRI DALAM KITAB AS-SITTINA AL-‘ADLIYAH KARYA FAQIHUDDIN ABDUL QODIR

Rahmania, Nisvi Laili (2024) KUALITAS HADIS ADAB INTERAKSI SUAMI ISTRI DALAM KITAB AS-SITTINA AL-‘ADLIYAH KARYA FAQIHUDDIN ABDUL QODIR. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NISVI LAILI 2024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pernikahan adalah suatu akad antara seorang laki-laki yang bukan mahram dengan seorang perempuan yang menghalalkan pergaulan, membatasi hak-hak dan kewajiban-kewajiban mereka, serta memberikan dukungan tibal balik. Menjadi suatu tantangan dalam pernikahan adalah untuk mempertahankan keharmonisan. Adab bergaul suami istri dicontohkan dalam hadis nabi yang dibahas dalam penelitian ini. Sebelum hadis diamalkan maka terlebih dahulu dipastikan kualitas sanadnya. Takhrij hadis adalah salah satu cabang ilmu hadis yang memiliki peran penting dalam mengkaji sebuah hadis.
Adapaun fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah; 1) bagaimana Gambaran Umum Kitab As-Sittina Al-‘Adliyah.? 2) bagaimana kualitas hadis fi al-Mu’asharah bi al-Ma’ruf Dalam Kitab As Sittina Al-‘Adliyah? Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) mengetahui Gambaran Umum Kitab As-Sittina Al-‘Adliyah. 2) Untuk mengetahui kualitas hadis fi al-Mu’asharah bi al-Ma’ruf Dalam Kitab As Sittina Al-‘Adliyah
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), yakni serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data Pustaka.
Hasil penelitian ini menunjukkan Hadis-hadis yang telah diteliti merupakan hadis sahih dan hasan karena dilihat dari segi sanad seluruh perawi tersambung dan thiqah. Hal ini dapat dilihat dari hubungan guru dan murid yang benar-benar bersambung. Juga antara perawi satu dan lainnya dimungkinkan pernah bertemu. Hal ini didukung oleh para pendapat kritikus hadis yang menyatakan bahwa seluruh perawi dalam hadis tersebut adalah thiqah, saduq dan Hafid. Unrtuk mencapai keluarga yang Sakinah mawaddah dan warahmah suami maupun istri memiliki hak dan dan kewajiban masing-masing maupun bersama keluarganya. Apabila hak dan kewajiban suami dan istri terpenuhi maka bahtera rumah tangganya akan terwujud Hal ini mengharuskan adanya interaksi yang baik.
Kata kunci: kualitas hadits, suami istri, kitab as-sittin Al-adliyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Nisvi Laili Rohmania
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:49
Last Modified: 12 Jun 2024 03:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33136

Actions (login required)

View Item View Item