Tradisi'awwadan pada awal bulan Syawal di Kampung Arab Bondowoso (Studi Living Hadis)

Nurfaidah, Ade Desy (2024) Tradisi'awwadan pada awal bulan Syawal di Kampung Arab Bondowoso (Studi Living Hadis). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI Ade Desy N 2024-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

.Tradisi ‘Awwadan bukan hanya merupakan kegiatan yang biasa dilakukan secara terus menerus melainkan kegiatan yang dilaksanakan berlandaskan hadis nabi. Fokus penelitianya antara lain: 1) Bagaimana Sejarah Tradisi ‘Awwadan di Kampung Arab Bondowoso? 2) Bagaimana tahapan pelaksanaan Tradisi ‘Awwadan di Kampung Arab Bondowoso? 3) Bagaimana pemahaman masyarakat Kampung Arab Bondowoso terhadap hadis tradisi ‘Awwadan? Tujuan penelitian ini adalah: 1) penulis ingin mengetahui Sejarah Tradisi ‘Awwadan di Kampung Arab Bondowoso 2) penulis ingin mengetahui tahapan pelaksnaan Tradisi ‘Awwadan di Kampung Arab Bondowoso. 3) penulis ingin mengetahui pemahaman masyarakat Kampung Arab Bondowoso terhadap hadis tradisi ‘Awwadan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Menggunakan teori kontruksi sosial yang diciptakan oleh Petter L Berger dan Thomas Luckhman. Cara memperoleh data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini: 1) Tradisi ‘Awwadan berasal dari Sadah Ba’alawi dari Kota Tarim.Tradisi masyarakat muslim setlah bulan Ramdhan yakni melaksanakan silaturahmi, 2) Bermula dari sau titik yang sudah di tetapkan, masyarakat mulai mendatangi rumah warga sembari membaca Shalawat Nabi, dilanjutkan pembacaan tawasul, Yasin, tahlil di setiap rumah warga. 3) Dalam kegiatan tradisi banyak mengandung hal-hal positif. Masyarakat percaya bahwa jika ingin dilapangkan rezeki, dipanjangkan umur maka sesuai hadis nabi dilakukan silaturahmi.
Kata kunci: Tradisi'Awwadan, Studi living hadis, kontruksi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ade Desy Nurfaidah
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:37
Last Modified: 12 Jun 2024 03:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33139

Actions (login required)

View Item View Item