Pengembangan Media Animasi Tiga Dimensi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V MI Al-Amien Kendalrejo Tegaldlimo Banyuwangi

Andriani, Zulfi Jumala Dwi (2024) Pengembangan Media Animasi Tiga Dimensi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V MI Al-Amien Kendalrejo Tegaldlimo Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KHAS.

[img] Text (SK - 023 - PGMI - 2024)
Zulfi Jumala Dwi Andriani _201101040017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran sangatlah penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran ini dapat membantu guru dalam mengembangkan pemahaman siswa yang lebih dalam, karena itu untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian serta kemampuan dan keterampilan siswa. Untuk itu peneliti menciptakan media pembelajaran Animasi 3 Dimensi Bangun Ruang. Animasi merupakan suatu gambar yang bergerak dibuat dari sebuah objek yang disusun secara beraturan mengikuti pergerakan yang telah ditentukan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media animasi 3 Dimensi terhadap materi bangun ruang pada siswa kelas V MI Al-Amien Kendalrejo, Tegaldlimo, Banyuwangi? 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran animasi 3 Dimensi materi bangun ruang pada siswa kelas V MI Al-Amien?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran animasi 3 Dimensi materi bangun ruang pada siswa kelas V MI Al-Amien Kendalrejo, Tegaldlimo, Banyuwangi. 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran animasi 3 Dimensi materi bangun ruang pada siswa kelas V MI Al-Amien Kendalrejo, Tegaldlimo, Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, Evaluation). Validasi media dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran serta respon peserta didik yang berjumlah 24 peserta didik di MI Al-Amien Banyuwangi.
Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran animasi 3D bangun ruang memperoleh presentase sebanyak 94% dari ahli media, 98% dari ahli materi, 98% dari ahli pembelajaran dan 91% dari respon peserta didik. Hasil presentase yang diterima oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran animasi 3D materi bangun ruang dapat dikategorikan sebagai media pembelajaran yang sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Animasi 3D Bangun Ruang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulfa Jumala Dwi Andriani
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:17
Last Modified: 03 Jul 2024 05:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33140

Actions (login required)

View Item View Item