Efektivitas Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Di Bank BRI Unit Tegal Besar Cabang Jember Dalam Pengembangan UMKM Kabupaten Jember.

Nuriyah, Ilmi (2024) Efektivitas Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Di Bank BRI Unit Tegal Besar Cabang Jember Dalam Pengembangan UMKM Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-031-PS-2024)
SKRIPSI ILMI NURIYAH (WATERMARK).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Efektivitas penyaluran KUR merupakan tingkat pencapaian penyaluran KUR yang yang mengarah pada suatu pencapaian kinerja secara maksimal. Efektivitas ini juga merupakan ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kualitas, kuantitas dan eaktu yang telah dicapai). efektivitas penyaluran KUR ini menggunakan aspek ketepatan sasaran, aspek ketepatan waktu, aspek ketepatan jumlah, aspek ketepatan beban kredit, dan aspek ketepatan prosedur. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Efektivitas Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Di Bank BRI Unit Tegal Besar Cabaang Jember Dalam Pengembangan UMKM Kabupaten Jember ? 2) Apa Saja Faktor-Faktor Yang Mendukung Dan Menghambat Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Di Bank BRI Unit Tegal Besar Cabaang Jember Dalam Pengembangan UMKM Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan Efektivitas Penyaluran Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Di Bank BRI Unit Tegal Besar Cabang Jember Dalam Pengembangan UMKM Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan Faktor-
Faktor Yang Mendukung Dan Menghambat Efektivitas Penyaluran Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Di Bank BRI Unit Tegal Besar Cabang Jember Dalam Pengembangan UMKM Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Bank BRI Unit Tegal Besar Cabang Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Efektivitas penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank BRI unit Tegal Besar cabang Jember dalam pengembangan UMKM Kabupaten Jember pencapaian tujuan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini sudah terjalin dan terlaksana sebagaimana mestinya. 2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di Bank BRI unit Tegal Besar cabang Jember dalam pengembangan UMKM Kabupaten Jember, faktor pendukung dalam penyaluran KUR ini yaitu nasabah sudah cakap hukum dan memiliki usaha berjalan minimal 6 bulan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu data BI checking jelek maka nasabah tersebut tidak akan bisa melakukan pengajuan KUR ini dikarenakan nasabah tersebut sudah tidak memenuhi syarat yang berlaku. Adanya pandemi covid-19 juga merupakan faktor penghambat penyaluran KUR.
Kata Kunci : Efektivitas, Kredit Usaha Rakyat (KUR), Usaha Mikro

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms ilmi nuriyah
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:29
Last Modified: 11 Jul 2024 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33167

Actions (login required)

View Item View Item