Manajemen Pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an di Sekolah Dasar (SD) Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember

AINUN, NAJAH (2020) Manajemen Pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an di Sekolah Dasar (SD) Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
AINUN NAJAH_T20163032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ainun Najah, 2020: Manajemen Pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an di Sekolah Dasar (SD) Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember Kata kunci: Manajemen Pembelajaran, Program Tahfidzul Qur’an Aktivitas manajemen mempunyai peran penting dalam segala macam kegiatan, utamanya dalam bidang pendidikan. Bagaimana berjalannya tujuan pendidikan dan pembelajaran, dapat dilihat dari bagaimana pengelolaan yang diterapkan lembaga. Begitupun dengan pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an yang membutuhkan aktivitas manajemen. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan Pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember ? 2) Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an di SD AlIrsyad Al-Islamiyyah Jember ? 3) Bagaiamana evaluasi Pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan Pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. 3) Untuk mengetahui evaluasi Pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian lapangan (Field Research). Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model Interaktif Milles Hubermen dan Saldana dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi data. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. Perencanaan pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an mencakup: a) analisis kebutuhan, diantaranya: Tenaga pendidik khusus tahfidz, pembagian siswa biasa dan siswa berprestasi, ruang kelas yang memadai, kebutuhan finansial dan dukungan dari keluarga siswa. b) jenis perencanaan yang digunakan terdiri dari perencanaan tahunan, per semester, mingguan dan harian. c) rencana pembelajaran yang terdiri dari tujuan dan strategi. Tujuan adanya pembelajaran untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap AlQur’an sejak usia dini, memiliki keunggulan yang berbeda serta meningkatkan kemampuan pelajaran lain melalui Al-Qur’an. Strategi adalah prosedur, metode dan media yang digunakan dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode Talqin dan Modern dan media yang digunakan diantaranya: Al-Qur’an, Radio, Flash card, Alat peraga lainnya. 2. Pelaksanaan pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an mencakup: 1) Tahap Pra Intruksional, Tahap Intruksional, dan Tahap Tindak Lanjut/Evaluasi. 3. Evaluasi pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an menggunakan 4 macam penilaian yaitu: penilaian harian, mingguan, bulanan dan per semester sehingga jika ada siswa yang belum menyelesaikan target harian, dalam target per semester siswa diupayakan dapat mencapai target yang ditetapkan Lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:04
Last Modified: 22 Mar 2022 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3317

Actions (login required)

View Item View Item