INOVASI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER

Rozikin, M.Zaenur (2024) INOVASI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-030-MPI-2024)
SKRIPSI M. ZAENURROZIKIN INOVASI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

M. Zaenurrozikin, 2024: Inovasi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember
Kata kunci: Inovasi Kepala Madrasah, Pengembangan Kurikulum Merdeka

Kurikulum merdeka merupakan serangkaian pedoman pembelajaran yang di gagas oleh kemendikbud sebagai terobosan baru mulai tahun 2022 untuk menjawab perkembangan zaman, maka dari itu perlu adanya inovasi pengembangan kurikulum merdeka ini untuk mencapai tujuan pembelajaran di sekolah maupun madrasah. Untuk itu dalam penerapanya kepala madrasah dituntut sekreatif dan seinovatif mungkin melakukan perubahan untuk menggerakan madrasahnya.
Fokus dalam penelitian ini membahas 1) Bagaimana Implementasi inovasi kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum merdeka di MTs Negeri 2 Jember?, 2) Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung inovasi kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum merdeka di MTs Negeri 2 Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi inovasi kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum merdeka di MTs Negeri 2 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung inovasi kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum merdeka di MTs Negeri 2 Jember.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (Case studi) . Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengacu pada teori Milles Huberman dan Saldana langkah-langkahnya yakni: 1)Pengumpulan data 2) Kondensasi data 3) Penyajian data 4) Penarikan kesimpulan. Untuk teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan 1) Triangulasi Sumber 2) Triangulasi Teknik 3) Triangulasi Waktu.
Hasil dari penelitian ini pertama yakni implementasi inovasi kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum merdeka yakni langkah awal kepala madrasah merencanakan secara matang program-program sebagai terobosan baru yang akan dilaksanakan seperti pengadaan pelatihan-pelatihan bagi guru, menjalin relasi dengan instansi lain untuk pembelajaran dan menyediakan sarana prasarana yang memadai untuk menunjang kebutuhan pembelajaran yang berbasis kurikulum merdeka kemudian dalam pengorganisasiannya kepala madrasah memberikan wewenang kepada waka kurikulum sebagai penanggungjawab program pelatihan, waka humas sebagai penanggungjawab segala bentuk relasi dengan instansi lain dan waka sarpras sebagai penanggungjawab hal-hal yang berkaitan dengan pengadaan barang kebutuhan pembelajaran. Adapun pelaksanaanya terangkum dalam pembelajaran intrakurikuler yang berlandaskan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila (P5), dan ekstrakurikuler yang terdapat 16 bidang ekstra untuk mengembangkan potensi siswa. Kedua, adanya faktor penghambat seperti kurangnya buku ajar, dan kesiapan guru dikarenakan seringnya berganti kurikulum, kemudian faktor pendukung stakholder yang senantiasa berdedikasi penuh dalam pembelajaran, sarana prasarana yang terus diupdate dan tentunya kepemimpinankepala madrasah yang intens. Implikasi atau hasil yang bisa dirasakan madrasah yakni guru dan siswa sama-sama belajar untuk mengupgrade kemampuanya dan prestasi yang gemilang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M. ZAENUR ROZIKIN
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:12
Last Modified: 04 Jul 2024 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33176

Actions (login required)

View Item View Item