Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah di Kelompok B Pada TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2023/2024

Putri, Amanda Berlian (2024) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah di Kelompok B Pada TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-003-PIAUD-2024)
Amanda Berlian Putri_201101050011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (47MB)

Abstract

Amanda Berlian Putri, 2024 : Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah di Kelompok B pada TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2023/2024
Kata Kunci : Internalisasi Nilai, Pendidikan Karakter, Shalat Dhuha Berjamaah
TK Darus Sholah Jember merupakan Lembaga taman kanak-kanak yang menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan shalat dhuha berjamaah. Hal ini berasal dari permasalahan yang awalnya kurang diterapkannya nilai-nilai Pendidikan karakter. Maka dari itu TK Darus Sholah Jember melakukan sebuah terobosan dengan menciptakan inovasi baru dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan shalat dhuha berjamaah. Selain itu juga karena lembaga pendidikan ini berada di bawah naungan Pondok Pesantren Darus Sholah Jember. Pentingnya Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah di Kelompok B pada TK Darus Sholah menjadi hal yang penting untuk dilakukan karena karakter berpengaruh terhadap adab dan perilaku seorang anak dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Tahap Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah di Kelompok B Pada TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana Tahap Transaksi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah di Kelompok B Pada TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana Tahap Transinternalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah di Kelompok B Pada TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan kualitatif deskriptif dengan tiga tahapan yaitu, Reduksi data, Penyajian data , menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) tahap transformasi nilai meliputi kegiatan a) Kultum sebelum shalat dhuha berjamaah b) Shalat Dhuha berjamaah c) Dzikir dan doa setelah shalat Dhuha berjamaah. 2) Kegiatan siswa dan guru pada proses transaksi nilai Pendidikan Karakter Melalui kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah di Kelompok B TK Darus Sholah Jember berupa penerapan sanksi dan hukuman. 3) Penerapan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun), Penyambutan siswa di pintu gerbang sekolah mengajarkan melipat jubah dan mukenah yang telah digunakan pada kegiatan shalat dhuha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Amanda Berlian Putri
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:35
Last Modified: 05 Jul 2024 06:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33177

Actions (login required)

View Item View Item