Pengaruh Metode Eksperimen Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 tahun di RA Ulul Albab Jember

Romadhoni, Farah Fajri (2024) Pengaruh Metode Eksperimen Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 tahun di RA Ulul Albab Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-002-PIAUD-2024)
FARAH FAJRI ROMADHONI_201101050009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (46MB)

Abstract

Farah Fajri Romadhoni, Fihris Maulidiah Suhma, 2024: Pengaruh Metode Eksperimen Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Ulul Albab Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Metode Eksperimen Pembelajaran Sains dan Perkembangan kognitif.
Perkembangan kognitif merupakan kemampuan berfikir anak yang lebih kompleks dalam memecahkan masalah, perkembangan kognitif ini membantu anak mengetahui lebih luas tentang pengetahuan umum. Di sekolah setiap harinya memberikan tiga kegiatan tetapi banyaknya anak yang tertarik hanya pada satu kegiatan. Salah satunya seperti metode eksperimen pembelajaran sains. Karena, ketika anak belajar metode eksperimen sains anak akan belajar berfikir secara logis, memecahkan sebab akibat, anak akan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi dan anak akan belajar berbahasa yang benar ketika anak menyampaikan pendapat.
Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu “Apakah terdapat pengaruh metode eksperimen pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Ulul albab Jember tahun ajaran 2023/2024?”. Tujuan penelitian ini, yaitu “untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode eksperimen pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Ulul Albab Jember tahun ajaran 2023/2024.”
Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan metode survei. Pengumpulan data menggunaan teknik angket/kuisioner. Pupulasi sebanyak 87 anak dan sampel sebanyak 46 anak. Analisis data yang digunakan untuk uji Validitas, Reabilitas, Normalitas, Multikolinieritas, dan uji t parsial dengan SPSS 25.
Peneliti ini memperoleh kesimpulan thitung pada variabel adalah sebesar 3,065 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,004 dengan ttabel sebesar 2,014. Karena thitung lebih besar dari ttabel (3,065 > 2,014), sedangkan signifikan 0,004 < 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh metode eksperimen pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Ulul Albab Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Farah Fajri Romadhoni
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:51
Last Modified: 05 Jul 2024 06:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33179

Actions (login required)

View Item View Item