Strategi Manajemen Halal Supply Chain Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Kopi One pesantren One Product Pondok Pesantren Al Falah Silo Jember)

Wakid, Khazaini (2024) Strategi Manajemen Halal Supply Chain Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Kopi One pesantren One Product Pondok Pesantren Al Falah Silo Jember). Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
wakid watermak news.pdf

Download (10MB)

Abstract

Khazaini, Wakid, 2024. Strategi Manajemen Halal Supply Chain Dalam
Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Kopi One Pesantren
One Product Pondok Pesantren Al-Falah Silo Jember). Tesis.
Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam
Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H.
Misbahul Munir, M.M. Pembimbing II: Dr. H. Ahmadiono, M.E.I.
Kata kunci: Strategi Manajemen, Halal Supply Chain, Kinerja Perusahaan,
Produk Kopi Opop Al-Falah.
Pesantren sebagai lembaga subkultur yang sudah mengakar dan melekat, memiliki
posisi strategis untuk mendidik serta melakukan pemberdayaan kepada masyarakat. One
Pesantren One Product Al-Falah mengambil peran penting memajukan perekonomian
pesantren serta pemberdayaan masyarakat, dengan mendirikan unit usaha yang
menawarkan produk dan jasa kopi. Di daerah Pondok Pesantren Al-Falah, kopi sebagai
mata pencaharian utama, sehingga OPOP Al-Falah menyajikan produk dan jasa kopi.
Tentunya, strategi manajemen harus menjadi tolok ukur dalam meningkatkan produk
dan kinerjanya. Halal supply chain menjadi fokus bagi OPOP Al-Falah untuk
mengimplementasikan produk kopi yang di pasarkan.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan strategi manajemen halal supply
chain yang digunakan produk kopi One Pesantren One Product Pondok Pesantren Al-
Falah Silo Jember dalam meningkatkan kinerjanya, 2) Untuk memaparkan implementasi
strategi manajemen halal supply chain mempengaruhi kinerja perusahaan kopi One
Pesantren One Product Pondok Pesantren Al-Falah Silo Jember, 3) Untuk memahami
faktor pendukung dan penghambat strategi manajemen halal supply chain dalam
menigkatkan kinerja pada produk kopi One Pesantren One Product Pondok Pesantren
Al-Falah Silo Jember.
Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisi data menggunakan Miles, Huberman, Saldana, dan analisis
lanjutan menggunakan balance scorecard dan SWOT. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber, teknik, dan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama rantai pasok halal pada produk kopi
OPOP Al-Falah mempengaruhi terhadap peningkatan kinerjanya, karena di setiap
manajemen rantai pasokan halal OPOP Al-Falah dari segi perspektif finansial,
pelanggan, proses internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan meningkat secara baik
sesuai unsur syariah dan optimal dalam melakukannya. Kedua OPOP Al-Falah
menghasilkan kinerja lebih baik menggunakan strategi manajemen halal supply chain
yang mana mampu menimalisir serta efisien terhadap pengadaan barang, produksi, dan
distribusi membantu menjual barang dan penggunaan jasa dengan terorganisir. Ketiga
menunjukkan OPOP Al-Falah dapat di rasakan manfaat secara signifikan terhadap
Pondok Pesantren Al-Falah menggunakan dan dominan baik di antara faktor pendukung
dan rendah dari pengaruh faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Depositing User: Wakid Khazaini
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:53
Last Modified: 12 Jun 2024 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33186

Actions (login required)

View Item View Item