Peran kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Memperbaiki Kinerja Guru di SMP Nurul Islam Antirogo Jember

AMINATUL, MUNAWAROH (2020) Peran kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Memperbaiki Kinerja Guru di SMP Nurul Islam Antirogo Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
AMINATUL MUNAWAROH_T20153042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aminatul Munawaroh, 2020. “ Peran kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Memperbaiki Kinerja Guru di SMP Nurul Islam Antirogo Jember” Supervisi akademik adalah segala usaha dalam membantu guru-guru untuk memperbaiki proses pembelajaran dan mengembangkan kemampuannya untuk mencapai tujuan pendidikan. Fokus penelitian dalam Skripsi ini adalah 1. Bagaimana perilaku kepala sekolah dalam merencanakan supervisi akademik untuk memperbaiki kinerja guru di SMP Nurul Islam 2. Bagaimana perilaku kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik untuk memperbaiki kinerja guru di SMP Nurul Islam 3. Bagaimana perilaku kepala sekolah dalam mengevaluasi supervisi akademik untuk memperbaiki kinerja guru di SMP Nurul Islam. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan perilaku kepala sekolah dalam merencanakan supervisi akademik untuk memperbaiki kinerja guru di SMP Nurul Islam 2. Untuk mendiskripsikan perilaku kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik untuk memperbaiki kinerja guru di SMP Nurul Islam 3. Untuk mendiskripsikan perilaku kepala sekolah dalam mengevaluasi supervisi akademik untuk memperbaiki kinerja guru di SMP Nurul Islam. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis Data menggunakan model Miles dan Huberman melalui tiga tahap meliputi: Kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahaan data menggunakan dengan tehnik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil penelitian ini yaitu, 1. Perencanaan supervisi akademik di SMP Nurul Islam meliputi : Menganalisis kompetensi guru, menentukan obyek supervisi, membuat jadwal supervisi, melaksanakan supervisi 2. Pelaksanaan supervisi akademik di SMP Nurul Islam yaitu mengunakan tehnik supervisi kelompok dan supervisi individual 3. Evaluasi supervisi akademik di SMP Nurul Islam yaitu melakukan evaluasi pembelajaran dengan melihat instrument pengukuran kinerja guru kemudian melaksanakan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:47
Last Modified: 23 Mar 2022 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3319

Actions (login required)

View Item View Item