Analisis Efektivitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo

Maghfirotul, Hasanah (2024) Analisis Efektivitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-066-AKSYA-2024)
Maghfirotul Hasanah NIM. 204105030106.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Efektivitas, Pengelolaan, Anggaran Pendapatann dan Belanja Desa
Efektivitas merupakan jangkauan usaha dari suatu program sebagai suatu sistem dalam mencapai target atau tujuan, dan suatu program dapat dianggap efektif apabila program yang dilaksanakan mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan. Dan pengelolaan keuangan dalam anggaran pendapatan dan belanja desa harus sesuai dengan kondisi yang aktual dan bersifat relevan. Penelitian ini difokuskan pada “Analisis Efektivitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo”.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo? 2) Bagaimana efektifitas pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten probolinggo?
Tujuan penelitian 1) Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo? 2) Untuk mengetahui bagaimana efektivitas pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan menerapkan teknik purposive. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) pengelolaan APBDES di Desa Liprak Wetan belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 20 Tahun 2018 yang artinya pengelolaan keuangan desa harus transparan, akuntabel, partisipatif, serta tertib dan disiplin anggaran. Pada prinsip tertib dan disiplin anggaran masih belum sepenuhnya berjalan dengan baik, dan terdapat beberapa program yang hanya berjalan 2%, tetapi anggaran mengalami defisit. 2) efektivitas pengelolaan APBDes di Desa Liprak Wetan masih belum dapat dikatakan efektif karena pemerintah desa hanya memfokuskan pada satu program yaitu pembangunan infrastruktur fisik saja, sehingga menyebabkan minimnya pelaksanaan program yang lainnya, dan kurangnya adaptasi dari pemerintah desa dengan lingkungan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160505 Economic Development Policy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160506 Education Policy
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Maghfirotul Hasanah
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:21
Last Modified: 10 Jul 2024 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33203

Actions (login required)

View Item View Item