Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VII Di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2023/2024

Husnul, Khotimah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VII Di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-010-IPS-2024)
SKRIPSI HUNSUL KHOTIMAH 202101090030 TADRIS IPS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Model pembelajaran Index Card Match (ICM), Pembelajaran IPS, dan Hasil belajar
Penggunaan model pembelajaran yang tepat akan membantu proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran yang bervariasi akan membuat siswa tertarik dan juga tugas guru akan lebih mudah dengan demikian maka tujuan pembelajaran dapat tercapai degan maksimal. Salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan juga tepat diterapkan dalam pendidikan saat ini ialah model pembelajaran Index Card Match (ICM). Model pembelajaran Index Card Match (ICM) ialah model pembelajaran aktif untuk mengulang kembali ingatan tentang materi yang sudah diajarkan dengan cara bermain kartu yang berisi jawaban dan soal dengan menemukan pasangan dari kartu yang dibagikan secara acak oleh pendidik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh model pembelajaran Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP Plus Darus Sholah tahun pelajaran 2023/2024 ?. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP Plus Darus Sholah tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan penelitian kuasi eksperimen (Quasi Experimental Design) jenis (Nonequivalent control group design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari kelas VII A – kelas VII H dengan jumlah keseluruhan 239 siswa. Peneliti mengambil sampel dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 60 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Homogenitas, dan Uji T.
Dari hasil penelitian menggunakan Independen Sampel T-test dengan perolehan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000. Dimana hal tersebut menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) <0,05, maka hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Hₐ) diterima. Dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP Plus Darus Sholah tahun pelajaran 2023/2024.Hal tersebut di tunjukkan rata-rata nilai posttest di kelas eksperimen sebesar 85,73 sedangkan di kelas kontrol rata-ratanya sebesar 72,4. Dari hasil rata-rata tersebut menunjukkan bahwa nilai posttest di kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. dan juga perbedaan pada aspek perhatian siswa saat diberikan model pembelajaran Index Card Match (ICM) di kelas eksperimen. Dimana siswa antusias ketika pembelajaran berlangsung dan lebih memperhatikan apa yang akan dibahas dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Husnul Khotimah
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:25
Last Modified: 03 Jul 2024 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33211

Actions (login required)

View Item View Item