Santuso, Abdul Ghafur (2024) Pelaksanaan kegiatan musyawarah guru mata pelajaran dalam mengembangkan kompetensi guru IPS di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK-023-TADRIS IPS -2024)
ABDUL GHAFUR LAST - WM.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Ghafur, 2024: Pelaksanaan Kegiatan MGMP dalam Mengembangkan Kompetensi
Guru IPS di Kabupaten Jember
Profesi sebagai guru mempunyai dampak yang signifikan terhadap proses
pendidikan karena profesionalisme kemampuan yang dimilikinya, salah satunya
adalah kompetensi pedagogik, profesional dan sosial. Pada dasarnya, kompetensi
pedagogik mengacu pada kemampuan seorang guru untuk melakukan sesuatu
Kemampuan standar seorang guru lainnya adalah mengelola pembelajaran
siswanya.Guru dapat mengikuti kelompok profesi, seperti MGMP (Musyawarah
Guru Mata Pelajaran) yang didirikan sebagai wadah pengembangan keterampilan
khusus guru, guna meningkatkan profesionalisme kompetensi tersebut.
Fokus dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan MGMP
dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru IPS di kabupaten Jember?, (2)
Bagaimana pelaksanaan kegiatan MGMP dalam mengembangkan kompetensi
profesional guru IPS di kabupaten Jember?, (3) Bagaimana pelaksanaan kegiatan
MGMP dalam mengembangkan kompetensi sosial guru IPS di kabupaten Jember?.
Desain dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis
penelitian adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam
penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dalam penelitian ini dijelaskan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan MGMP
dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru IPS di kabupaten Jember, terdiri
dari dua kegiatan, yaitu kegiatan rutin dan kegiatan pengembangan. Terdapat
kegiatan rutin yang terdiri dari diskusi melalui pertemuan-pertemuan terkait
permasalahan-permasalahan kegiatan pembelajaran pada peserta didik secara
bertahap. Pelaksanaan kegiatan melalui rangkaian kegiatan yang dimulai dari
perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penerapan (actuating), dan
pengawasan (controling). Sedangkan untuk kegiatan pengembangan kompetensi
pedagogik guru diantaranya dengan kegiatan seminar, pelatihan dan diklat untuk
menambah pengembangan diri seorang pendidik terutama guru IPS. (2) pelaksanaan
kegiatan MGMP dalam mengembangkan kompetensi profesional guru IPS di
kabupaten Jember, ada beberapa pengembangan untuk meningkatkan kompetensi
guru dalam bidang profesionalitas seorang guru yaitu melalui pemberian kesempatan
bagi masing-masing guru untuk memberikan informasi. Kemudian juga melalui
kerjasama antar lembaga pada MGMP dapat memberikan bahan ajar untuk di
aplikasikan pada peserta didik agar lebih efektif dan inovatif. (3) pelaksanaan
kegiatan MGMP dalam mengembangkan kompetensi sosial guru IPS di kabupaten
Jember, terdapat beberapa kegiatan dalam MGMP IPS yang meliputi, adanya tim
naskah pembuat soal-soal ujian yang dipersiapkan agar dalam MGMP tersebut
mempunyai kualitas tersendiri serta dari masing-masing guru IPS yang diberikan
tanggung jawab dapat beradaptasi serta membangun kerjasama yang baik agar dapat
menjalankan tugas masing-masing guru yang sudah diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Abdul Ghafur Santuso |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 04:12 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 02:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33214 |
Actions (login required)
View Item |