Pengaruh Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata pelajaran IPS Di SMP Negeri1 Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024

Sriwahyuningtyas, Ana (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata pelajaran IPS Di SMP Negeri1 Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Khas Jember.

[img] Text (SK-015-IPS-2024)
Ana_Sriwahyuningtyas_202101090043..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Model Word Square, Hasil Belajar, Pelajaran IPS
Penerapan model pembelajaran word square diharapkan dapat membantu
siswa untuk lebih aktif dan partisipatif dalam mengikuti proses belajar mengajar
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penerapan model word
square yang memadukan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokkan
jawaban untuk merangsang siswa agar dapat berfikir lebih efektif dan kritis.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Pengaruh Model
Pembelajaran Word Square Pada Pembelajaran IPS terhadap Hasil Belajar pada
Peserta Didik di SMPN 01 Tamanan Bondowoso? Tujuan penelitian adalah:
Menganalisis pengaruh model pembelajaran word square pada mata pelajaran IPS
terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent
control group design. Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah siswa kelas VII
B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas VII D sebagai kelas
control dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian
menggunakan purposive sampling. Pertimbangan yang dilakukan dalam
pengambilan sampel ini berdasarkan hasil nilai akademik siswa yang hampir sama.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pretest model
word square diperoleh nilai rata-rata 60,8 dan posttest hasil belajar diperoleh nilai
rata-rata 88,8. Kenaikan hasil belajar pretest dan posttest sejumlah 28. Perbeedaan
tersebut diperkuat dengan hasil analisis dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan
sebelumnya oleh peneliti dengan menggunakan uji T yaitu Independen Sample T-test
yang mana hasil analisis tersebut diperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu sebesar 0,001.
Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) <0,05 atau 0,001<0,005 sehinnga
H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso tahun
pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ana Sriwahyuningtyas Ana Sriwahyuningtyas
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:33
Last Modified: 03 Jul 2024 03:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33228

Actions (login required)

View Item View Item