Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX Bilingual SMP Plus darus sholah Jember.

MOHAMMAD ULYA, SYAFI’I (2020) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX Bilingual SMP Plus darus sholah Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MOHAMMAD ULYA SYAFI’I_T20151367.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mohammad Ulya Syafi’i, 2020: Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX Bilingual SMP Plus darus sholah Jember. Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, guru harus memberikan inovasi-inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Guru juga di tuntut menguasai strategi serta metode mengajar dengan baik, guru yang bermutu niscaya melaksanakan pendidikan, pengajaran dan pelatihan yang efektif dan efisien, dan mampu memotivasi siswa untuk mengoptimalkan potensinya. SMP Plus Darus Sholah Jember merupakan lembaga dibawah naungan pesantren yang menerapkan kurikulum 2013 dan lembaga Sekolah menengah pertama di kecamatan Kaliwates yang memiliki program unggulan yaitu kelas Bilingual, yang mana kelas ini dituntut untuk memiliki kemampuan unggul. Terutama dalam bidang pelajaran terutama dalam pelajaran pendidikan agama Islam. Fokus penelitian dalam penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana upaya guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX Bilingual SMP Plus Darus Sholah Jember? 2) apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan hasil belajar siswa di kelas IX Bilingual SMP Plus Darus Sholah Jember? Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX Billingual SMP Plus Darus Sholah Jember. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX Billingual SMP Plus Darus Sholah Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Field Research, karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung terkait fenomena yang terjadi dilapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, dan penyajian data. Untuk keabsahan data, penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX Bilingual SMP Plus Darus Sholah Jember, yaitu mengadakan remidial bagi siswa yang tidak mencapai KKM memberikan tugas, menggunakan metode-metode yang berbeda serta game disela-sela pembelajaran, memberikan motivasi pada saat pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Upaya guru Pendidikan agama Islam, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:36
Last Modified: 24 Mar 2022 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3323

Actions (login required)

View Item View Item