Tinjauan Keamanan Dan Efektivitas M-Banking Dalam Transaksi Keuangan Studi Kasus (BSI) KCP Jember Gajah Mada

Ababil, Kivia (2024) Tinjauan Keamanan Dan Efektivitas M-Banking Dalam Transaksi Keuangan Studi Kasus (BSI) KCP Jember Gajah Mada. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-074-PS-2024)
KIVIA ABABIL_WATERMARX_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tinjauan Keamanan dan Efektivitas M- Banking Dalam Transaksi Keuangan Studi Kasus BSI KCP Jember Gajah Mada. Kata Kunci: Keamanan dan Efektivitas BSI Mobile memberi kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi finansial, selain itu BSI Mobile juga memberikan layanan islami untuk nasabah. Seperti membayar zakat, mengecek waktu sholat, dan masih banyak lagi. Nasabah tidak perlu lagi datang dan antri ke kantor cabang perbankan atau mesin ATM, untuk melakukan berbagai transaksi itu.
BSI Mobile. Selain memberikan kemudahan kepada nasabah dalam hal transaksi. BSI Mobile juga dapat membuat antrian nasabah dalam melakukan transaksi akan menjadi lebih efisien dan nasabah akan dapat melakukan transaksinya secara mandiri. BSI Mobile akan menjadi salah satu aplikasi perbankan terlengkap dan terpraktis untuk memenuhi semua kebutuhan finansial, sosial dan spiritual nasabah. Hal tersebut akan memberikan kualitas layanan yang lebih baik lagi dan dapat membuat nasabah lebih berorientasi ke depan dengan menggunakan layanan digital.
Kemudahan yang didapatkan nasabah ketika menggunakan layanan Mobile Banking yaitu BSI-Mobile, nasabah tidak perlu datang atau pergi langsung ke ATM dan Bank dengan melakukan antrian, hanya membutuhkan handphone dan jaringan internet yang bisa digunakan selama 24 jam dan dimana saja. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat nasabah dalam penggunaannya. Sehingga semakin mudah, cepat, dan nyaman penggunaan aplikasi BSI-Mobile, maka semakin tinggi minat nasabah untuk menggunakannya. Namun dengan menambahnya minat nasabah dalam penggunaannya Bank Syariah Indonesia (BSI) juga harus menjaga kepercayaan nasabahnya. Dalam menyediakan layanan Mobile Banking maka BSI harus memberikan rasa aman dan nyaman ketika nasabah menggunakan layanan BSI-Mobile. Nasabah akan lebih memilih aplikasi Mobile Banking yang memiliki sistem keamanan yang baik, dengan teknis data dan penggunaan teknologi keamanan lainnya. Hal tersebut dikarenakan kepercayaan merupakan prinsip utama dalam sektor perbankan dimana bank harus selalu mengutamakan dan memprioritaskan kepercayaan nasabahnya. penerimaan teknologi oleh pengguna tidak luput dari kepercayaan pengguna terhadap teknologinya.
Tujuan yang dijelaskan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tinjauan keamanan penggunaan M-Banking BSI (BSI-Mobile) dalam melindungi data dan transaksi keuangan nasabah? 2) Bagaimana efektivitas penggunaan M-Banking dalam mempermudah transaksi keuangan bagi nasabah?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan dekstiptif. Data pengamatan didapat terutama dari intraksi intrasi antara peneliti dengan informan. Data wawancara dalam peneliti ini merupakan data primer yang menjadi bahan analisis untuk menjawab peneliti.
Berdasarkan hasil wawancara mengenai, dapat disimpulkan bahwa BSI KCP Jember Gajah Mada sangat berkomitmen dalam memberikan layanan mobile banking yang aman dan efektif untuk nasabahnya. Mereka telah mempertimbangkan berbagai aspek penting dalam layanan mobile banking mereka, termasuk faktor keamanan, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan nasabah. Edukasi kepada nasabah tentang keamanan dan kemudahan transaksi juga merupakan langkah yang sangat baik. Ini tidak hanya membantu nasabah memahami bagaimana menggunakan layanan tersebut, tetapi juga membantu membangun kepercayaan mereka terhadap perusahaan dan layanannya. Secara keseluruhan, sepertinya BSI KCP Jember Gajah Mada telah melakukan pekerjaan yang baik dalam memastikan nasabah mereka memiliki persepsi yang positif tentang keamanan mobile banking mereka. Ini tentu saja akan sangat membantu dalam mempertahankan dan menarik nasabah baru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Kivia Ababil
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:03
Last Modified: 11 Jul 2024 03:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33238

Actions (login required)

View Item View Item