Problematika Pembelajaran IPS Di MTS Raudlatul Ulum Tanggul Jember Tahun Ajaran 2023/2024

Assauri, Abu Sofyan (2024) Problematika Pembelajaran IPS Di MTS Raudlatul Ulum Tanggul Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-014-IPS-2024)
ABU SOFYAN ASSAURI_T20179063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Abu sofyan Assauri, 2024; Problematika Pembelajaran Ips di Mts Roudlatul Ulum Tanggul
Tahun Pelajaran 2021\2022
Kata kunci: Pembelajaran IPS, Problematika Pembelajaran
Banyak variabel yang mempengaruhi kemajuan dan kualitas pendidikan. Salah satu yang turut menentukan kualitas pendidikan yakni proses pembelajaran. Pembelajaran yang berlangsung sesuai hakikat pembelajaran memberikan kontribusi terhadap berhasil atau tidak tujuan pembelajaran. Berawal dari apa yang terjadi di ruang-ruang kelas, dapat dipetakan hal-hal apa saja yang dihadapi dalam proses membelajarkan anak bangsa. Dua mata pelajaran yang dalam proses pembelajarannya memiliki kekhasan yakni pembelajaran IPA dan IPS. Penelitian ini akan mengidentifikasi permasalahan dalam pembelajaran IPS yang dalam prosesnya harus mengutamakan keterpaduan ilmu-ilmu sosial.
Identifikasi problematika pembelajaran IPS ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan Observasi. Wawancara dilakukan kepada guru IPS di daerah Tanggul di sekolah MTs Roudlatul Ulum Tangul. Observasi dilakukan untuk mengumpulkan realita pembelajaran IPS. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Hubberman.
Hasil penelitian menunjukkan problematika pembelajaran IPS yakni: belum tersedianya laboratorium IPS. Laboratorium IPS ini mendukung pelaksanaan proses pembelajaran IPS. Sarana dan prasarana belum tersedia dengan baik. Selain itu, jadwal pelajaran IPS diletakkan pada akhir pelajaran. Motivasi belajar IPS peserta didik yang rendah karena menganggap pelajaran IPS tidak penting menyebabkan peserta didik tidak serius dalam mengikuti pelajaran. Problematika pembelajaran IPS juga berasal dari buku teks yang belum menampakkan keterpaduan yang menjadi karakteristik materi IPS. Selain itu, guru IPS perlu untuk meningkatkan keterampilan membelajarkan IPS dan memperbarui pengetahuan IPS, karena masih ditemukan konsep yang tidak tepat ketika membelajarkan peserta didik di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: MR Abu Sofyan Assauri
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:31
Last Modified: 03 Jul 2024 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33240

Actions (login required)

View Item View Item