Analisis Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Penyusunan Laporan Keuangan di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember

Ledy, Diana Safitri (2024) Analisis Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Penyusunan Laporan Keuangan di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-005-AKSYA-2024)
LEDY DIANA SAFITRI_204105030017_AKS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pondok Pesantren merupakan suatu entitas pelaporan yang memiliki badan hukum berbentuk yayasan. Acuan pertama yang digunakan penyusunan pedoman akuntansi pesantren adalah SAK ETAP. Dalam penyusunan laporan keuangan sesuai SAK ETAP akan membantu menghasilkan laporan keuangan yang memenuhi kebutuhan informasi para pengguna laporan keuangan. SAK ETAP sendiri singkatan dari Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. ETAP ini disusun cukup sederhana sehingga tidak akan menyulitkan bagi pengguna yang merupakan entitas tanpa akuntabilitas publik (ETAP) yang mayoritas adalah perusahaan atau lembaga yang tergolong usaha kecil dan menengah termasuk pondok pesantren yang dilandasi bahwa asset yang dikelola oleh pondok pesantren relative besar nilainya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah : 1. Bagaimana penyusunan laporan keuangan pada pondok pesantren Nurul Islam Jember? Bagaimana kesesuaian pelaporan keuangan di pondok pesantren Nurul Islam Jember dengan SAK ETAP? Dari rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penyusunan laporan keuangan pada pondok pesantren Nurul Islam Jember, untuk mengetahui dan menganalisis kesesuaian pelaporan keuangan di pondok pesantren Nurul Islam Jember dengan SAK ETAP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menyatakan bahwa pencatatan laporan keuangan Pondok Pesantren Nurul Islam jember masih sederhana. Dalam mencatat aktivitas keuangan, pondok pesantren hanya mencatat seluruh transaksi yang dilakukan pondok pesantren yaitu pengeluaran dan pemasukan. Pondok Pesantren Nurul Islam Jember belum menerapkan sesuai SAK ETAP (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik) dalam pelaporan keuangannya karena kurangnya pemahaman pihak pondok terutama bendahara mengenai SAK ETAP.
Kata Kunci: SAK ETAP, Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Ledy Diana Safitri
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:18
Last Modified: 10 Jul 2024 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33250

Actions (login required)

View Item View Item