Pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi siswa tunarungu-wicara Kelas VIII di SMPLB Negeri Branjangan Patrang Jember Tahun Ajaran 2023/2024

Widyasari, Firda (2024) Pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi siswa tunarungu-wicara Kelas VIII di SMPLB Negeri Branjangan Patrang Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 001 - PAI - 2024)
FIRDA WIDYASARI_204101010035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Membaca Al-Qur’an, Tunarungu-wicara

Sebagai seorang Muslim, kita diwajibkan membaca, mempelajari, dan menerapkan kitab suci umat muslim yaitu kitab Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Membaca Al-Qur’an bagi anak normal tidak mudah dan harus banyak belajar apalagi bagi anak tunarungu-wicara yang memiliki keterbatasan tidak bisa mendengar dan berbicara. Karena dalam membaca Al-qur’an ada hak-hak huruf dan kaidah tajwid yang harus diterapkan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an bagi siswa Tunarungu-wicara kelas 8 di SMPLB Negeri Branjangan Tahun Ajaran 2023/2024? 2. Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an bagi siswa Tunarungu-wicara kelas 8 di SMPLB Negeri Branjangan Tahun Ajaran 2023/2024? 3. Bagaimana Hasil Pembelajaran Membaca Al-Qur’an bagi siswa Tunarungu-wicara kelas 8 di SMPLB Negeri Branjangan Tahun Ajaran 2023/2024?
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an bagi siswa Tunarungu-wicara kelas 8 di SMPLB Negeri Branjangan Tahun Ajaran 2023/2024? 2. Mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an bagi siswa Tunarungu-wicara kelas 8 di SMPLB Negeri Branjangan Tahun Ajaran 2023/2024? 3. Mendeskripsikan Hasil Pembelajaran Membaca Al-Qur’an bagi siswa Tunarungu-wicara kelas 8 di SMPLB Negeri Branjangan Tahun Ajaran 2023/2024?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data peneliti menggunakan dua teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan : 1. Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an kelas VIII di SMPLB Negeri Branjangan Tahun Ajaran 2023/2024 masih pada tahap pengenalan huruf hijaiyah. Dasar pembelajaran Al-Qur’an menggunakan buku PAI jenjang SDLB. 2. Evaluasi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an bagi siswa Tunarungu-wicara kelas 8 di SMPLB Negeri Branjangan Tahun Ajaran 2023/2024 ada 3 yaitu: parktikum, hafalan dan pemberian soal. 3. Hasil Pembelajaran Membaca Al-Qur’an bagi siswa Tunarungu-wicara kelas 8 di SMPLB Negeri Branjangan Tahun Ajaran 2023/2024 siswa kelas VIII tunarungu-wicara berjumlah 4 siswa. 1 dari 4 siswa sudah bisa dan hafal 28 huruf hijaiyah, 3 diantaranya tidak lebih dari 15 huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Firda Widyasari Siti Aminah
Date Deposited: 14 Jun 2024 03:01
Last Modified: 02 Jul 2024 04:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33252

Actions (login required)

View Item View Item