Manajemen Kurikulum Program Takhassus Pesantren Tahfidz Al-Qur'an Yasinat Wuluhan Jember

Imad, Ahmad (2024) Manajemen Kurikulum Program Takhassus Pesantren Tahfidz Al-Qur'an Yasinat Wuluhan Jember. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
TESIS WATERMARK IMAD.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pesantren dewasa ini sudah banyak mengalami perubahan yang signifikan. Undang–undang No 18 tahun 2019 tentang pesantren, dikuatkan oleh Peraturan Menteri Agama No. 31 Tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren, dan Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan, merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap perkembangan pesantren sebagai sub kultur dan sekaligus sub-sistem pendidikan nasional yang telah berhasil mencetak kader–kader bangsa berkualitas, melalui penerapan manajemen pesantren. Salah satu dari sekian kader–kader tersebut adalah penghafal al-Qur’an.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan manajemen kurikulum program takhassus pesantren tahfidz al-Qur’an Yasinat (PTQY) Wuluhan Jember 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen kurikulum program takhassus pesantren tahfidz al-Qur’an Yasinat Wuluhan Jember dan 3) Bagaimana evaluasi manajemen kurikulum program takhassus pesantren tahfidz al-Qur’an Yasinat Wuluhan Jember. Sedangkan tujuannya adalah menganalisis dan mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kurikulum program takhassus PTQY Wuluhan Jember. Hasil penelitian ini akan bermanfaat bagi peneliti, mahasiswa Pascasarjana UIN Khas Jember, PTQY, dan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian terdiri atas pengasuh, musyrif, pengurus pesantren, beberapa santri PTQY. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan melalui koleksi data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi Teknik dan sumber.
Kesimpulan menunjukkan bahwa manajemen kurikulum program tahfidz al-Qur’an dilakukan sebagai berikut. 1) Perencanaan kurikulum program takhassus dituangkan melalui SILABUS (sebagai dokumen kurikulum) yang memuat semua program terkait dengan program takhassus tahfidz al-Qur’an PTQY. 2) Pelaksanaan kurikulum berupa program yang telah direncanakan dilaksanakan sesuai waktu yang terjadwal. Hafalan al-Qur’an dan tahsin dilaksanakan menggunakan metode Yanbu’a, reward and punishmant, ceramah, diskusi, jama’ah, muroja’ah kolabortif dan mandiri, serta musafahah. 3) Evaluasi kurikulum model CIPP dilakukan terhadap sejumlah sarana dan prasarana serta sumberdaya manuusia input santri baru proses pelaksanaan kurikulum tahfidz al-Qur’an program dan produk (hasil) hafalan al-Qur’an. Evaluasi kurikulum juga dilakukan terhadap perencanaan kurikulum dan pelaksanaan kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Imad
Date Deposited: 14 Jun 2024 08:17
Last Modified: 14 Jun 2024 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33253

Actions (login required)

View Item View Item