Analisis Pengelolaan BUMDes Jaya Makmur Dalam Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat Desa Sukorejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi

Badriyatus Zamro, Nur Maya (2024) Analisis Pengelolaan BUMDes Jaya Makmur Dalam Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat Desa Sukorejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-113-ES-2024)
fiks SKRIPSI NUR MAYA BADRIYATUS ZAMRO 204105020162.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Nur Maya Badriyatus Zamro, Dr. Abdul Rokhim, S.Ag, M.E.I 2024: Analisis Pengelolaan BUMDes Jaya Makmur Dalam Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat Desa Sukorejo, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi.

BUMDes Jaya Makmur merupakan sebuah Badan Usaha Milik Desa yang berlokasi di Desa Sukorejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. BUMDes merupakan lembaga ekonomi yang dimiliki dan dikelola oleh masyarakat Desa dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian lokal serta kesejahteraan masyarakat Desa tersebut. Unit usaha yang di jalankan BUMDes Jaya Makmur untuk saat ini adalah sektor peternakan sektor pertokoan dan sektor pertamanan.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1. Bagaimana Pengelolaan BUMDes Jaya Makmur Di Desa Sukorejo 2. Bagaimana Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat Desa Sukorejo Melalui Adanya BUMDes Jaya Makmur.
Tujuan penelitian adalah 1. Untuk Mendeskripsikan Pengelolaan BUMDes Jaya Makmur di Desa Sukorejo 2. Untuk Mendeskripsikan Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat Desa Sukorejo Melalui BUMDes Jaya Makmur.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) Mengenai bagaimana pengelolaan BUMDes Jaya Makmur desa sukorejo dari segi perencanaan kedepan yaitu merencanakan kegiatan dengan mengadakan pertemuan atau rapat antara pengurus dan karyawan BUMDes dan membahas pengelolaan yang akan di rencanakan seperti rencana kedepan yang akan di buat yaitu pembuatan pembangunan kendang ternak kambing dan mengadakan rapat mengenai survei kebutuhan masyarakat untuk unit usaha pertokoan, dari segi pengorganisasian BUMDes sudah terbentuk dan struktur dan berjalan aktif. Untuk mengenai pelaksanaan sudah lancar karena adanya dukungan dari masyarakat desa dan pemerintah desa dalam mengembangkan unit usaha dan program BUMDes, yang terakhir terkait pengawasan memang sudah ada dari awal pembentukan BUMDes dan berjalan dengan baik. 2) Cara BUMDes dalam mensejahterakan perekonomian masyarakat di lihat dari keberhasilan menciptakan lapangan kerja bagi Masyarakat , dimana banyak individu yang awalnya menganggur kemudian bekerja di BUMDes melalui unit usaha di BUMDes dan melaui program simpan pinjam ini masyarakat mampu mengembangkan usaha nya.
Kata kunci: Pengelolaan, BUMDes, Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, BUMDes, Kesejahteraan Perekonomian Masyarakat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms NUR MAYA BADRIYATUS
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:06
Last Modified: 11 Jul 2024 07:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33254

Actions (login required)

View Item View Item