Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV-B di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember

Hasanah, Ulfatun (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV-B di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK - 019 - PGMI - 2024)
SKRIPSI-ULFATUN HASANAH WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Quizizz, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.
Media pembelajaran memiliki peran penting dalam mengoptimalkan proses pembelajaran. Media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa akan menciptakan pembelajaran yang lebih aktif dan kondusif. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini media pembelajaran banyak digunakan dengan memanfaatkan internet. Namun pada proses pembelajaran khususnya kelas IV-B di MI Al-Hidayah Mangli Jember, umumnya guru hanya menyampaikan materi dengan menggunakan buku LKS saja. Sebelumnya guru pernah menggunakan powerpoint tetapi hanya berisikan materi saja, sehingga siswa merasa bosan dan kelas menjadi tidak kondusif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis quizizz pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV-B di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis quizizz pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV-B di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis quizizz pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV-B di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember 2) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis quizizz pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV-B di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan ADDIE meliputi: Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap validasi, hasil validasi oleh ahli media menunjukkan persentase 84%, validasi ahli materi menunjukkan persentase 86%, dan validasi ahli pembelajaran menunjukkan persentase 88%. Rata-rata persentase validasi keseluruhan sebesar 86%, yang menunjukkan kategori valid. Pada uji respon siswa menunjukkan persentase 93,8% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis quizizz layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ULFATUN HASANAH
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:42
Last Modified: 02 Jul 2024 06:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33264

Actions (login required)

View Item View Item