Pembelajaran menghafal Al-Qur'an menggunakan metode muroja'ah untuk menguatkan hafalan juz 30 siswa ma'had Al-Hikmah MTsN 1 Lumajang

Ilmiah, Hilda Hashilatal (2024) Pembelajaran menghafal Al-Qur'an menggunakan metode muroja'ah untuk menguatkan hafalan juz 30 siswa ma'had Al-Hikmah MTsN 1 Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 002 - PAI - 2024)
Hilda Hashilatal Ilmiah_204101010032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada 3 yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menghafal Al-Qur’an menggunakan metode muroja’ah untuk menguatkan hafalan juz 30 siswa Ma’had Al-Hikmah MTsN 1 Lumajang. Latar belakang penelitian ini yaitu karena metode muroja’ah di Ma’had Al-Hikmah MTsN 1 Lumajang menggunakan sebuah tenik yang bernama teknik Rumus 10, dan teknik ini hanya ada di MTsN 1 Lumajang saja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan beberapa temuan yang tidak dapat didapatkan melalui pendekatan statistik. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa Ma’had Al-Hikmah MTsN 1 Lumajang. Sedangkan sampel yang diambil peneliti adalah semua anggota populasi dijadikan sampel. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dibutuhkan diperoleh melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Perencanaannya yaitu siswa perlu mempersiapkan Al-Qur’an dan mempersiapkan buku syair rumus 10. 2) Pelaksanaan kegiatan tahfidz di Ma’had Al-Hikmah MTsN 1 Lumajang yaitu dilaksanakan ba’da shalat dhuhur pukul 13.00-14.30. Pelaksaannya yaitu diawali dengan dengan do’a, membaca rumus 10, menambah hafalan (ziyadah). Setelah itu anak-anak menyetorkan ke pembimbing dan di muroja’ah. Dalam muroja’ah ini anak-anak dapat menggunakan rumus 10, agar dapat menguatkan hafalan juz 30. Dalam bermuroja’ah menggunakan rumus 10, di setiap per sepuluh ayatnya harus diulang sebanyak 3 atau 5 atau 7 kali. 3) Evaluasinya yaitu dengan menjawab soal-soal secara lisan yang dilakukan dengan berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 2 orang. Jadi dinilai secara bergantian, kurang lebih waktu setiap anak untuk menyelesaikan tes ini yaitu sekitar 45 menit, setelah 45 menit nanti bergantian dengan teman kelompoknya untuk melaksanakan tes.

Kata kunci: Al-Qur’an, rumus 10, tahfidz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hilda Ilmiah
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:14
Last Modified: 02 Jul 2024 04:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33265

Actions (login required)

View Item View Item