ANALISIS MINAT MAHASISWA JURUSAN EKONOMI ISLAM DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Yuliansyah, Muhammad Rafli (2024) ANALISIS MINAT MAHASISWA JURUSAN EKONOMI ISLAM DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-129-ES-2024)
SKRIPSI RAFLI Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan adalah faktor penting yang mendukung kemajuan di semua sektor. Kehadirannya sangat vital bagi manusia dalam menjalani kehidupannya. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi pengembangan potensi individu melalui proses pembelajaran dan praktik-praktik yang diakui oleh masyarakat.
Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana minat mahasiswa dalam memilih Jurusan Ekonomi Islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 2) Apa saja faktor faktor yang menjadi Minat mahasiswa memilih Prodi Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?
Tujuan penelitian skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui minat mahasiswa dalam memilih Jurusan Ekonomi Islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 2) Untuk mengetahui faktor faktor yang menjadi Minat mahasiswa memilih Prodi Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Lokasi penelitiannya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa alasan mahasiswai memilih jurusan Ekonomi Islam di antaranya yaitu karena melihat keunggulan jurusan Ekonomi Islam yakni terakreditasi B dan jurusan tersebut banyak peminatnya. Selanjutnya, faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam memilih jurusan Ekonomi Islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dapat dikategorikan dalam dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi yaitu faktor kepribadian, dan keyakinan. Sedangkan faktor eksternalnya yakni faktor keluarga, dan faktor beralihnya status perguruan tinggi yang tadinya Iagama Islam Negeri Jember menjadi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E Muhammad Rafli Yuliansyah Rafli
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:40
Last Modified: 10 Jul 2024 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33271

Actions (login required)

View Item View Item