Pengaruh pembelajaran praktikum berbasis Discovery Learning terhadap keterampilan proses Sains Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA Di MA Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Romlah, Siti (2024) Pengaruh pembelajaran praktikum berbasis Discovery Learning terhadap keterampilan proses Sains Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA Di MA Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 003 - TADRIS-BIO - 2024)
Siti Romlah_204101080003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Siti Romlah, 2024 : Pengaruh Pembelajaran Praktikum Berbasis Discovery
Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi
Kelas XI MIPA Di MA Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata Kunci : Pembelajaran Praktikum Berbasis Discovery Learning, Keterampilan
Proses Sains, Pembelajaran Biologi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa, pada mata pelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional masih menjadi kendala karena peserta didik hanya melaksanakan praktikum sebagai bukti jika sudah melaksanakan praktikum. Siswa biasanya memanfaatkan bantuan dari guru dan beranggapan jika guru yang akan menyelesaikan percobaan pada praktikum tersebut. Oleh karena itu, diperlukan adanya alternatif pembelajaran, salah satunya yaitu dengan menerapkan pembelajaran praktikum berbasis discovery learning.
Rumusan masalah yang menjadi kajian pokok yaitu: 1.) Bagaimana keterampilan proses sains siswa kelas XI MIPA pada mata pelajaran biologi di MA Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2023/2024? 2.) Adakah pengaruh pembelajaran
praktikum berbasis discovery learning terhadap keterampilan proses sain siswa kelas XI MIPA pada mata pelajaran biologi di MA Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2023/2024?
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimental Semu (Quasi-Experiment). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling jenuh, dengan jumlah sampel 19 siswa kelas XI MIPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, dan instrumen dokumentasi. Untuk analisis data digunakan uji hipotesis (uji t) dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran
praktikum berbasis discovery learning sebesar 90,42. Nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas kontrol yang menggunakan konvensional sebesar 53,42. 2) Ada pengaruh signifikan pembelajaran praktikum berbasis discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran biologi kelas XI MIPA di MA Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2023/2024 dengan nilai Thitung 8,648 > Ttabel 2,028 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Romlah
Date Deposited: 14 Jun 2024 03:06
Last Modified: 04 Jul 2024 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33275

Actions (login required)

View Item View Item