Strategi marketing mix dalam perspektif ekonomi islam pada produk pembiayaan kendaraan bermotor (OTO) di BSI KCP Probolinggo

Sya'diyah, Halimatus (2024) Strategi marketing mix dalam perspektif ekonomi islam pada produk pembiayaan kendaraan bermotor (OTO) di BSI KCP Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kyai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-041-PS-2024)
HALIMATUS SYA'DIYAH_204105010034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Halimatus Sya’diyah, 2024: Strategi Marketing Mix dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada Produk Pembiayaan Kendaraan Bermotor (OTO) di BSI KCP Probolinggo.

Kata kunci: Marketing Mix, Ekonomi Islam, BSI OTO.

Seiring dengan berkembangnya Lembaga keuangan baik itu bank ataupun non bank yang berbasis syariah, produk-produk yang ditawarkan juga ikut berkembang, di mana saat ini perbankan syariah tidak hanya menawarkan produk tabungan dan pembiayaan saja melainkan banyak produk lainnya yang ditawarkan seperti pembiayaan kendaraan bermotor atau dalam Bank Syariah Indonesia disebut pembiayaan produk BSI OTO. Persaingan yang kompetitif mengharuskan perusahaan bersaing untuk mendapatkan nasabah sebanyak mungkin, dalam melakukan pemasaran ditentukan strategi pemasaran yang tepat untuk merebut hati nasabah.
Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Strategi Marketing Mix produk Pembiayaan Kendaraan Bermotor (OTO) di BSI KCP Probolinggo? (2) Bagaimana Strategi Marketing Mix produk Pembiayaan Kendaraan Bermotor (OTO) di BSI KCP Probolinggo dalam perspektif Ekonomi Islam?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui Strategi Marketing Mix produk Pembiayaan Kendaraan Bermotor (OTO) di Bank Syariah Indonesia KCP Probolinggo. (2) Untuk mengetahui Strategi Marketing Mix produk Pembiayaan Kendaraan Bermotor (OTO) di Bank Syariah Indonesia KCP Probolinggo dalam perspektif Ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Bank Syariah Indonesia KCP Probolinggo. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Probolinggo yaitu menggunakan strategi marketing mix 7P yang meliputi Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), Orang (People), Proses (Process), Bentuk Fisik (Physical Evidence). Tujuh komponen ini diimplementasikan dengan baik agar mampu meningkatkan minat nasabah pada pembiayaan produk BSI OTO. (2) Pelaksanaan strategi marketing mix untuk meningkatkan minat nasabah pada pembiayaan produk BSI OTO sudah sesuai dengan karakteristik dan prinsip-prinsip yang ada dalam pemasaran ekonomi syariah. Konsep strategi pemasaran Islam juga diterapkan yaitu, ketuhanan (rabbaniyah), etis (akhlaqiyah), realistis (al-waqi’iyyah), dan humanistis (insaniyah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Halimatus Sya'diyah
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:24
Last Modified: 11 Jul 2024 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33286

Actions (login required)

View Item View Item