Pengembangan media permainan Ular Tangga pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah Mangli Jember

Safitri, Jihan (2024) Pengembangan media permainan Ular Tangga pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah Mangli Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 009 - PGMI - 2024)
Jihan Safitri 201101040027 (Skripsi).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Permainan Ular Tangga,

Media pembelajaran memiliki peran yang sangat penting, selain sebagai alat bantu dalam pembelajaran, media pembelajaran juga berfungsi untuk memperjelas materi. Dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan. Pada penelitian ini peneliti mengembangkan media permainan ular tangga. Media permainan ular tangga merupakan sebuah alat yang terbuat dari bahan kayu triplek yang berbentuk seperti papan catur menggunakan dadu untuk menentukan berapa langkah yang harus dijalani pion.
Dalam penelitian pengembangan ini memiliki rumusan masalah yaitu sebagai berikut: (1) Bagaimana desain Pengembangan Media Permainan Ular Tangga pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah Mangli Jember. (2) Bagaimana kelayakan Pengembangan Media Permainan Ular Tangga pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah Mangli Jember. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) Menghasilkan produk berupa Media Permainan Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah Mangli Jember. (2) Mengetahui kelayakan Media Permainan Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah Mangli Jember.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development atau R&D dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subyek penelitian ini siswa kelas IV-A di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember yang berjumlah 32 siswa.
Hasil penelitian dan pengembangan media ini menunjukkan jika (1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan media ini adalah media permainan ular tangga pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah Mangli Jember. (2) Kelayakan media ular tangga setelah melakukan uji validitas oleh 4 validator dengan perolehan rata-rata 91,25% sehingga media ini dikatakan sangat layak. Adapun hasil respon siswa pada uji skala kecil yaitu 90% dan uji skala besar dengan presentase 89% menunjukkan tingkat ketertarikan siswa kelas IV-A sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga yang dikembangkan dapat diterapkan dalam pembelajaran pendidikan Pancasila di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah Mangli Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Jihan Safitri
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:21
Last Modified: 02 Jul 2024 05:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33302

Actions (login required)

View Item View Item