Strategi Pemasaran Usaha Jamur Tiram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Barokah Jaya Dan Makmur Di Karang Miuwo, Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember

Sirojul Hidayah, Moch (2024) Strategi Pemasaran Usaha Jamur Tiram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Barokah Jaya Dan Makmur Di Karang Miuwo, Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-107-ES-2024)
Moch Sirojul Hidayah_204105020156.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Agar suatu perusahaan bisa tetap hidup dan berkembang, maka perusahaan harus mampu mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan atau laba perusahaan. Upaya tersebut hanya dapat dilakukan apabila perusahaan mampu mempertahankan atau meningkatkan penjualannya melalui usaha mencari pelanggan, membina pelanggan, dan usaha menguasai pasar. Dalam hal ini, setiap perusahaan membutuhkan strategi pemasaran. Dengan menerapkan strategi pemasaran, perusahaan dapat menciptakan dampak positif pada seluruh aktivitas dan program pemasarannya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian akan difokuskan pada dua lingkup utama, yaitu : 1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan di Barokah Jaya dan Makmur?, 2) Bagaimana upaya untuk meningkatkan penjualan melalui strategi pemasaran di Barokah Jaya dan Makmur?.
Adapun tujuan penelitian yang telah ditetapkan yaitu : 1) Untuk megetahui strategi pemasaran yang diterapkan di Barokah Jaya dan Makmur, 2) Untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan penjualan melalui strategi pemasaran di Barokah Jaya dan Makmur.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di Karang Miuwo, Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis interactive analysis yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber juga digunakan untuk memastikan keabsahan data.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini, yaitu : 1) Strategi pemasaran yang diterapkan di Barokah Jaya dan Makmur adalah bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari strategi produk, harga, penyaluran/distribusi, dan promosi. 2) Upaya untuk meningkatkan penjualan melalui strategi pemasaran di barokah Jaya dan Makmur yaitu, a) Strategi produk : menggunakan pendekatan bauran produk, merek dagang, kemasan produk, kualitas/ mutu produk, dan pelayanan. b) Strategi harga : menggunakan penetapan harga harga dengan orientasi biaya dengan metode cost-plus pricing. c) Strategi Penyaluran/ distribusi : melibatkan penyaluran secara langsung dan tidak secara langsung. d) Strategi Promosi : menggunakan pendekatan publisistas.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Tingkat Penjualan, Usaha Jamur Tiram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mn Moch Sirojul Hidayah
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:49
Last Modified: 11 Jul 2024 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33306

Actions (login required)

View Item View Item