Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Bank Digital (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Digital Mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)

Damayanti, Ika (2024) Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Bank Digital (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Digital Mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-045-PS-2024)
IKA DAMAYANTI_201105010016..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Ika Damayanti, 2024: Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Bank Digital (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Digital Mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Kata Kunci: Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Kepercayaan, Keputusan Menggunakan, dan Bank Digital
Perkemabangan teknologi informasi dan komunikasi kian cepat, hal ini berdampak pada lembaga perbankan. Sebagai lembaga yang mempunyai tugas untuk menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat, perbankan harus mengikuti perkembangan teknologi agar loyalitas nasabah tetap terjaga. Salah satu dampak dari perkembangan teknologi dalam perbankan adalah adanya bank digital dimana layanan dari bank digital ini dilakukan secara online. Mengadopsi teori TAM bahwa keputusan nasabah dalam menggunakan bank digital dipengaruhi oleh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan bank digital? 2) Apakah persepsi manfaat berpengaruh terhadap keputusan menggunakan bank digital? 3) Apakah kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan bank digital? 4) Apakah persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, dan kepercayaan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan bank digital
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap keputusan menggunakan bank digital, 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat terhadap keputusan menggunakan bank digital, 3) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap keputusan menggunakan bank digital, 4) Untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, dan kepercayaan terhadap keputusan menggunakan bank digital.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan cara yang dirumuskan oleh Lemeshow. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) persepsi kemudahan penggunaan (X1) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan menggunakan bank digital. 2) Persepsi manfaat (X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan menggunakan bank digital. 3) Kepercayaan (X3) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan menggunakan bank digital 4) Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, dan kepercayaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan bank digital pada mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms. Ika Damayanti
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:28
Last Modified: 11 Jul 2024 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33308

Actions (login required)

View Item View Item