Pengembangan media Powerpoint dengan menggunakan Transisi Morph dalam pembelajaran PPKN Kelas IV Di MI Nurul Islam Selok Awar-Awar

Winanti, Annis Andini Dwi (2024) Pengembangan media Powerpoint dengan menggunakan Transisi Morph dalam pembelajaran PPKN Kelas IV Di MI Nurul Islam Selok Awar-Awar. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 035 - PGMI - 2024)
ANNIS ANDINI DWI WINANTI 204101040011 SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Media, Powerpoint Transisi Morph
Hasil observasi di MI Nurul Islam Selok Awar-Awar menunjukkan bahwa sekolah ini merupakan salah satu sekolah swasta di desa Selok. Sarana yang disediakan untuk proses belajar mengajar mencakup LCD, papan tulis, dan komputer. Wawancara dengan guru kelas IV mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang digunakan terbatas pada media sederhana yang dibuat oleh guru untuk setiap pelajaran yang membutuhkan media. Guru jarang sekali menggunakan media pembelajaran dan juga ada beberapa guru yang masih belum bisa menggunakan IT untuk itu, menerapkan media interaktif yang bisa menstimulasi semangat, antusias belajar peserta didik perlu di laksanakan salah satunya melalui pembelajaran media powerpoint dengan menggunakan transisi morph.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana desain pengembangan media interaktif powerpoint dengan menggunakan transisi morph dalam pembelajaran PPKN kelas IV di MI Nurul Islam Selok Awar-Awar? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media interaktif powerpoint dengan menggunakan transisi morph dalam pembelajaran PPKN kelas IV di MI Nurul Islam Selok Awar-Awar? 3) Bagaimana efektivitas pengembangan media interaktif powerpoint dengan menggunakan transisi morph dalam pembelajaran PPKN kelas IV di MI Nurul Islam Selok Awar-Awar?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk menghasilkan produk berupa media interaktif powerpoint dengan menggunakan transisi morph dalam pembelajaran PPKN kelas IV di MI Nurul Islam Selok Awar-Awar. 2) Untuk mengetahui kelayakan media interaktif powerpoint dengan menggunakan transisi morph dalam pembelajaran PPKN kelas IV di MI Nurul Islam Selok Awar-Awar 3) Untuk mengetahui efektivitas media interaktif powerpoint dengan menggunakan transisi morph dalam pembelajaran PPKN kelas IV di MI Nurul Islam Selok Awar-Awar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, yang juga dikenal sebagai Research and Development (R&D), menggunakan model penelitian ADDIE yang diusulkan oleh Dicky dan Carry pada tahun 1996. Model ini terdiri dari lima tahapan utama: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Produk yang dikembangakan adalah media interaktif powerpoint transisi moprh. 2) Hasil validasi dari para ahli pembelajaran media interaktif powerpoint transisi moprh mencapai penilaian sebesar 88%, yang menunjukkan kelayakan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. 3) Hasil analisis N-Gain Score menunjukkan rata-rata peningkatan sekitar 93,88%, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sekitar 93% setelah penerapan media pembelajaran interaktif powerpoint transisi moprh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Annis Andini
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:00
Last Modified: 03 Jul 2024 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33318

Actions (login required)

View Item View Item