IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI PASAR BARU LUMAJANG

Muhammad Ali, Sofyan (2024) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI PASAR BARU LUMAJANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-111-ES-2024)
Muhammad Ali Sofyan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Penjualan.
Etika bisnis Islam adalah akhlak atau perilaku yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam, sehingga tidak ada rasa khawatir dalam menjalankan bisnisnya karena sudah yakin bahwa apapun kegiatannya yang dilakukan dengan berlandaskan nilai Islam pasti baik dan benar. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan adalah dengan mengimplementasikan etika bisnis Islam. Contohnya yaitu di Pasar Baru Lumajang. Adapun penerapan prinsip etika bisnis Islam yang diterapkan oleh pedagang untuk meningkatkan penjualan antara lain, seperti penerapan prinsip ketauhidan, prinsip kejujuran, prinsip keadilan, prinsip amanah dan prinsip kebebasan.
Fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana penerapan prinsip-prinsip etika
bisnis Islam untuk meningkatkan penjualan di Pasar Baru lumajang. 2)
Bagaimana dampak penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam untuk
meningkatkan penjualan di Pasar Baru Lumajang. 3) Apa kendala yang dihadapi
dalam penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam untuk meningkatkan penjualan
di Pasar Baru Lumajang.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini dalah 1) Untuk
menganalisis penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam untuk meningkatkan
penjualan di Pasar Baru Lumajang. 2) Untuk menganalisis dampak penerapan
prinsip-prinsip etika bisnis Islam untuk meningkatkan penjualan di Pasar Baru
Lumajang. 3) Mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam penerapan prinsipprinsip etika bisnis Islam untuk meningkatkan penjualan di Pasar Baru Lumajang.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif,
dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara sumber, dokumenasi, dan
validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian dari implemntasi etika bisnis Islam untuk meningkatkan
penjualan di Pasar Baru Lumajang antara lain: 1) Masih terdapat tindak
kecurangan yang dilakukan oleh beberapa pedagang, seperti permainan dalam
takaran timbangan, mencampurkan kualitas barang yang baik dengan yang
rendah, dan tidak amanah atas barang dagangannya. Disisi lain, masih terdapat
pedagang yang memiliki sikap jujur dan ada juga pedagang yang memberikan
diskon kepada pelanggannya. 2) Dampak dari kecurangan yang dilakukan
pedagang yaitu menurunkan kredibilitasnya dan hilangnya tingkat kepercayaan
serta minat pembeli terhadap pedagang. 3) Kendala yang dihadapi pelanggan
dalam penerapan etika bisnis Islam yaitu kurangnya pemahaman tentang etika
bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Ali Sofyan
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:16
Last Modified: 11 Jul 2024 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33321

Actions (login required)

View Item View Item