Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka di Universitas Jember

Zahro, Khanifatuz (2024) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka di Universitas Jember. Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TESISNYA ZAHRO_PAI_223206030040.pdf

Download (97MB)

Abstract

Khanifatuz Zahro, 2024. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka di Universitas Jember”. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Moh. Dahlan, M. Ag. Pembimbing II: Dr. Hj. St. Mislikhah, M. Ag.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Team Based Project, Kurikulum Merdeka.
Belum selesai dengan permasalah teknis dalam pembelajaran dan ekspektasi masyarakat akan modernisasi, implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus dihadapkan dengan perkembangan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka atau dalam pendidikan tinggi dikenal dengan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang dinilai lebih sederhana dan lebih fokus pada pengembangan pengetahuan esensial dan keterampilan soft skill karena mengacu pada pendekatan Outcome Based Education (OBE), dalam artian sistem pembelajaran yang tidak hanya mengacu pada materi saja, namun lebih mengarah pada sistem pembelajaran berbasis masalah dan projek yang dapat meningkatkan keterampilan abad 4.0
Fokus penelitian ini antara lain (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum merdeka di Universitas Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum merdeka di Universitas Jember? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum merdeka di Universitas Jember? Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum merdeka di Universitas Jember. Dimana aspek yang akan diteliti berkenaan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan juga evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum merdeka di Universitas Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan juga kajian dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui tahapan analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu kondenasai data, penyajian data, dan menarik kesimpulan sekaligus verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam merencanakan pembelajaran PAI dalam kurikulum merdeka di Universitas Jember baik yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran dan perangkat pembelajaran berada di bawah koordinasi pusat Lembaga Penjaminan Mutu Pengembangan Pembelajaran (LPMPP). Tujuan pembelajaran PAI dalam kurikulum merdeka di Universitas Jember adalah mengembangkan pengetahuan ke-Islaman dan ke-Indonesiaan pada mahasiswa sehingga memiliki sikap moderat. Proses pelaksanaan pembelajaran PAI dalam kurikulum merdeka di Universitas Jember berbasis pada metode case methode dan juga team-based project berupa artikel yang berkaitan dengan moderasi beragama dan juga materi-materi yang telah ditentukan dalam RPS. Untuk menambah wawasan tentang moderasi beragama, mahasiswa diwajibkan mengikuti general lecture moderasi beragama bersama tim Aswaja Centre Jember. Kemudian evaluasi pembelajaran PAI dalam kurikulum merdeka di Universitas Jember memiliki dua bentuk evaluasi yaitu pertama evaluasi formatif berupa tugas presentasi, tugas individu, dan tugas laporan penelitian dalam bentuk artikel. Dan yang kedua yaitu evaluasi sumatif berupa penilaian UTS dan UAS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khanifatuz Zahro Al Jamhari
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:15
Last Modified: 20 Jun 2024 03:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33341

Actions (login required)

View Item View Item