Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Tedy Susanto, Mochammad (2024) Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-022-IPS-2024)
SKRIPSI_ Mochammad Tedy Susanto..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Mochammad Tedy Susanto, 2024: Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Minat Belajar
Model pembelajaran project based learning merupakan model pembelajaran yang merancang siswa untuk menyelesaikan masalah dan juga mencari penyelesaiannya sendiri. Model pembelajaran ini memiliki sebuah keunggulan yaitu untuk membantu siswa merancang proses untuk menentukan sebuah hasil, melatih siswa dalam bertanggung jawab dalam mengelola informasi yang dilakukan pada sebuah proyek. Sedangkan untuk dalam meningkatkan minat belajar dibutuhkan keterampilan berfikir tingkat tinggi yang harus diajarkan sejak dini karena mengingat pentingnya keterampilan berfikir tingkat tinggi yang harus dimiliki oleh setiap individu.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran PJBL (project based learning) untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 2 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan proses implementasi model pembelajaran project based learning (PJBL) untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 2 Jember? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran project based learning (PJBL) untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 2 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran project based learning (PJBL) untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 2 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran project based learning (PJBL) untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 2 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi dalam model pembelajaran project based learning (PJBL) untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara,dokumentasi, dan analisis data. Deskriptif Kualitatif dengan model interaktis Miles dan Huberman, yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran model pembelajaran project based learning dimulai dari menentukan materi, metode, model, dan hasil. Hal tersebut bisa membantu siswa untuk berfikir kritis dalam proses pembelajaran. 2) Pelaksanaan untuk meningkatkan minat belajar siswa dapat ditingkatkan dengan pelaksanaan model pembelajaran project based learning. Siswa terlihat lebih terampil, kreatif, dan inovatif. 3) Evaluasi dalam pembelajaran ini diantaranya adalah fasilitas yang memadai dan terbatasnya waktu dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran project based learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: mr Mochammad Tedy Susanto
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:26
Last Modified: 03 Jul 2024 04:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33353

Actions (login required)

View Item View Item