Hubungan antara kompetensi literasi saintifik dengan kemampuan kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati Kelas X MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan Tahun Pelajaran 2023/2024

Hasanah, Uswatun (2024) Hubungan antara kompetensi literasi saintifik dengan kemampuan kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati Kelas X MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 001 - TADRIS-BIO - 2024)
USWATUN HASANAH_201101080008_2020-2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Siswa di abad 21 dituntut untuk memiliki kompetensi literasi saintifik dan kemampuan kognitif yang baik. Berdasarkan hasil analisis literatur, hubungan antara kompetensi literasi saintifik dan kemampuan kognitif masih memerlukan kajian mendalam, terutama pada pelajaran keanekaragaman hayati. Sehingga didapatkan hubungan yang jelas antara kompetensi literasi saintifik dan kemampuan kognitif siswa. Dengan demikian diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan peningkatan kualitas dalam pembelajaran biologi di sekolah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kompetensi literasi saintifik dengan kemampuan kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X di Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong Pamekasan tahun pelajaran 2023/2024.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik korelasional. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, Data literasi saintifik dan data kemampuan kognitif siswa diperoleh menggunakan tes yang sudah divalidasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan yang berjumlah 143 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 105 siswa kelas A, B, C, D, dan E. Analisis Uji Hipotesis korelasi antara kompetensi literasi saintifik siswa dan kemampuan kognitif siswa menggunakan Statistik non Parametrik correlations spearman’s rho karena tidak berdistribusi normal dengan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kompetensi literasi saintifik dan kemampuan kognitif siswa, yang dibuktikan dengan uji korelasi Spearman’s rho diperoleh nilai Asmp sig (2-tailed) sebesar 0,632. Dengan demikian dapat disimpulkan nilai yang diperoleh tersebut lebih besar dari probabilitas yaitu 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa kompetensi literasi saintifik dan kemampuan kognitif siswa tidak ada hubungan yang signifikan pada materi keanekaragaman hayati kelas X MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan.

Kata kunci: Kompetensi Literasi Saintifik, Kemampuan Kognitif, Keanekaragaman Hayati, Biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050202 Conservation and Biodiversity
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Miss Uswatun Hasanah
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:09
Last Modified: 04 Jul 2024 01:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33355

Actions (login required)

View Item View Item