EKSPLORASI BERPIKIR FUNGSIONAL SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DITINJAU DARI NORMA SOSIOMATEMATIK DI MAN 3 JEMBER

Nuha, Nilna Naqiatun (2024) EKSPLORASI BERPIKIR FUNGSIONAL SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DITINJAU DARI NORMA SOSIOMATEMATIK DI MAN 3 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-020-TMTK-2024)
Nilna Naqiatun Nuha Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci : berpikir fungsional, barisan dan deret aritmatika, dan norma
sosiomatematik
Berpikir Fungsional menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk
mengasah kemampuan berpikir siswa dalam penyelesaian masalah matematika.
berpikir fungsional merupakan generalisasi dari suatu hubungan antara beberapa
variabel. Melalui berpikir fungsional, siswa dapat menentukan pola,
mengkoordinasi dua kuantitas, dan identifikasi mengenai korelasi antara setiap
variabel yang ada dalam permasalahan.
Fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana berpikir fungsional
siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan jenis norma
sosiomatematik? oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
cara berpikir fungsional siswa pada materi barisan dan deret aritmatika
berdasarkan indikator jenis norma sosiomatematik.
Metode yang digunakan yaitu penelitian dengan pendekatan kualitatif.
Teknik untuk menentukan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket,
tes,wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles,
Huberman dan J. Saldana yaitu kondensasi, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi
teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melibatkan tahapan berpikir
fungsional dalam menyelesaikan masalah pada indikator norma sosiomatematik.
Untuk indikator pertama, dengan kriteria dominan norma pengaturan
menunjukkan keterlibatan dalam menggunakan pola berpikir fungsional untuk
memecahkan masalah matematika. Indikator kedua, dengan kriteria dominan
norma moral juga menunjukkan keterlibatan yang baik dalam menggunakan pola
berpikir fungsional untuk memecahkan masalah. Dapat memahami soal dengan
baik, menemukan permasalahan, menentukan hubungan antar variabel, dan
menggunakan rumus dengan tepat. Ketiga, kriteria dominan norma perintah juga
menunjukkan hasil penyelesaiannya yang melibatkan pola berpikir fungsional
dalam memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nilna Naqiatun Nuha
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:04
Last Modified: 05 Jul 2024 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33360

Actions (login required)

View Item View Item