Buy now : pay later, penggunaan fitur paylater pada aplikasi shopee dalam perilaku impulse buying mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Aurelia Winardi, Novie (2024) Buy now : pay later, penggunaan fitur paylater pada aplikasi shopee dalam perilaku impulse buying mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Novie Aurelia Winardi_201103010004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Novie Aurelia Winardi: Buy Now : Pay later, Penggunaan Fitur Paylater Pada Aplikasi Shopee Dalam Perilaku Impulse Buying Mahasiswa UIN Kiai Haji Achamd Siddiq Jember.
Kata Kunci: Aplikasi Shopee, Fitur Shopeepaylater, Impulse Buying.
Aplikasi Shopee merupakan produk teknologi komunikasi informasi terbaru untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia. Shopee selalu berinovasi untuk melayani semua kalangan masyarakat dan meningkatkan pelayanan berbelanja. Salah satu inovasinya adalah menghadirkan fitur pembayaran Shopeepaylater di mana pembeli dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dengan cepat serta membayarnya di kemudian hari. Dengan adanya fitur ini pengguna Shopeepaylater semakin diminati dari berbagai kalangan mahasiswa. Adanya shopeepaylater dapat menjadi solusi dari berbagai permasalahan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Tetapi dengan kemudahan tersebut membuat para mahasiswa sering kali menggunakan Shopeepaylater bukan untuk memenuhi kebutuhan utama melainkan ingin memuaskan keinginan saja. Adanya kemudahan dalam pembayaran membuat mahasiswa sering berbelanja dengan spontan dan barang yang dibeli tidak terencana. Oleh karena itu mahasiswa mulai terjerumus pada perilaku impulse buying (pembelian spontan)
Dari urain tersebut maka fokus penelitian ini terbagi menjadi dua. Yaitu 1) Bagaimana motif mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menggunakan aplikasi shopee dengan pembayaran Shopeepaylater untuk memenuhi kebutuhannya? 2)Bagaimana perilaku impulse buying mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam menggunakan Shopeepaylater pada aplikasi Shopee? Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian, ditemukan bawah; motif mahasiswa menggunakan Shopee dengan pembayaran Shopeepaylater karena memiliki keterbatasan keuangan, kebutuhan yang banyak, diskon yang terbatas dengan waktu, tawaran Voucher, serta terkendala oleh waktu, lokasi, dan cuaca; Adanya Shopeepaylater pada Shopee yang membuat mahasiswa berperilaku impulse buying. Dimana mahasiswa tidak mampu mengandalikan diri dalam pengambilan keputusan spontan ketika terdapat tawaran cicilan bunga 0%, voucher gratis ongkir, Diskon, dan ketika melihat produk melalui live streaming. Dengan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa mengalami kenaikan intensitas dalam berbelanja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Novie Aurelia Winardi
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:43
Last Modified: 20 Jun 2024 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33361

Actions (login required)

View Item View Item