IMPLEMENTASI SISTEM GADAI DALAM MENANGANI NASABAH OVERDUE UNTUK PEMBIAYAAN PRODUK GADAI DI PT. PEGADAIAN UPC RAMBIPUJI

Hikmah, Nurul (2024) IMPLEMENTASI SISTEM GADAI DALAM MENANGANI NASABAH OVERDUE UNTUK PEMBIAYAAN PRODUK GADAI DI PT. PEGADAIAN UPC RAMBIPUJI. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-081-PS-2024)
E20181069_Nurul Hikmah_watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Nurul Hikmah, Isnadi, S.S., M.Pd,. 2024: “Implementasi Sistem Gadai Dalam Menangani Nasabah Overdue Untuk Pembiayaan Produk Gadai di PT. Pegadaian UPC Rambipuji”

Seperti yang kita tahu, Indonesia pernah mengalami perekonmian yang kurang stabil. Namun, setelah keadaan membaik semua lembaga berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat guna mengembalikan kondisi perekomonian lembaganya termasuk lembaga pegadaian. Tapi di satu sisi pegadaian juga tidak luput dari masalah sulit bayar atau nasabah yang tidak tertib (overdue). Hal ini juga dialami oleh PT. Pegadaian UPC Rambipuji yang dimana dari tahun ke tahun angka overdue tersebut mengalami peningkatan, sehingga pegadaian UPC Rambipuji perlu melakukan penanganan terhadap nasabah yang overdue dengan cara mengimplementasikan sistem gadai yang lebih baik dalam menangani konsumen yang sulit melakukan pembayaran tersebut.
Batasan atau fokus masalah yang diteliti yakni: 1. Apa faktor internal dan eksternal yang menyebaban nasabah Overdue untuk pembiayaan gadai di PT. Pegadaian UPC Rambipuji? 2.Bagaimana implementasi sistem gadai terhadap nasabah Overdue untuk pembiayaan gadai di PT. Pegadaian UPC Rambipuji?
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1. Guna mengetahui faktor internal dan eksternal yang menyebaban nasabah Overdue untuk pembiayaan gadai di PT. Pegadaian UPC Rambipuji. 2. Guna mengetahui implementasi sistem gadai dalam penanganan nasabah Overdue untuk pembiayaan gadai di PT. Pegadaian UPC Rambipuji.
Metode yang digunakan yakni memakai pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Sedangkan cara menentukan subjek penelitian yaitu memakai teknik purposive. Di samping itu Teknik dalam mengumpulkan datanya memakai tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta untuk menganalisis data dalam skripsi ini memakai tiga langkah yakni, proses reduksi data, penyajian data, serta ferivikasi data. Untuk keabsahan data memakai triangulasi sumber.
Kesimpulan dari peneliltian ini adalah: 1. Faktor paling dominan yang menjadi penyebab nasabah overdue dalam pembiayaan gadai di PT. Pegadaian UPC Rambipuji yakni nasabah lupa tanggal jatuh tempo dan faktor ekonomi. 2. Pengimplementasian dalam menangani nasabah overdue yakni dengan mengingatkan nasabah lewat telepon sebelum jatuh tempo untuk melakukan pembayaran. Apabila nasabah tetap belum melakukan pembayaran dalam 1 minggu maka pihak pegadaian mengingatkannya kembali melewati telepon. Apabila nasabah tetap belum melakukan pembayaran dalam 1 bulan maka pegadain memberikan surat peringatan hingga 3x kepada nasabah dengan mendatangi rumah nasabah yang melakukan Overdue. Apabila nasabah tetap tidak membayarnya maka barang tersebut masuk lelang, namun sesuai dengan prosedur yang ada dan disepakati oleh nasabah mulai dari awal perjanjian.

Keyword: Gadai, Pembiayaan, nasabah Overdue

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Nurul Hikmah
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:19
Last Modified: 11 Jul 2024 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33375

Actions (login required)

View Item View Item