PENGARUH SELF MANAGEMENT TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWI DARUL ARIFIN 2

Fitriyah, Nurfadhila (2024) PENGARUH SELF MANAGEMENT TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWI DARUL ARIFIN 2. Other thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-017-P2024)
Skripsi_Fitriyah Nurfadhila_204103050056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (33MB)

Abstract

Kata Kunci : Self Management, Prokrastinasi Akademik, Mahasantri Di Pondok
Pesantren Mahasiswi Darul Arifin 2.
Pendidikan memiliki tujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang
memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka secara aktif
dalam berbagai aspek kehidupan. Mahasiswa, sebagai bagian dari pendidikan
tinggi, memiliki tanggung jawab besar untuk menyelesaikan tugas akademik
dengan tepat waktu dan berkualitas. Namun, sebagian mahasiswa terjebak dalam
perilaku prokrastinasi akademik, yang dapat disebabkan oleh faktor internal dan
eksternal. Prokrastinasi akademik merupakan fenomena yang terjadi di
mahasiswa, apalagi mahasantri yang pada dasarnya mempunyai jadwal kegiatan
yang padat di pondok ditambah dengan kegiatan yang ada di kampus, hal tersebut
memungkinkan mahasantri untuk melakukan prokrastinasi akademik. Dampak
negatif prokrastinasi pada mahasantri jika dilakukan secara terus-menerus
meliputi peningkatan stres, penurunan kualitas kinerja akademik, gangguan pada
hubungan sosial, penurunan motivasi, dan penurunan kesejahteraan emosional.
Menurut Kurnia, Prijosaksono dan Sembel manajemen diri dianggap sebagai cara
untuk mengurangi prokrastinasi akademik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Adakah pengaruh dari self
management terhadap prokrastinasi akademik mahasantri di Pondok Pesantren
Mahasiswi Darul Arifin 2 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah ada pengaruh dari self management terhadap prokrastinasi akademik
mahasantri di Pondok Pesantren Mahasiswi Darul Arifin 2.
Metode penelitian yang digunakan yakni kuantitatif dengan jenis
penelitian korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 139 mahasantri, yang
meliputi angkatan 2020, 2021, 2022, dan 2023, dari total populasi sebanyak 230
mahasantri. Pemilihan sampel dilakukan secara acak menggunakan metode simple
random sampling. Selain itu, peneliti juga merujuk pada tabel Issac dan Michael
dengan tingkat kesalahan sebesar 5% untuk menentukan jumlah sampel yang
digunakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
kuesioner penelitian yang berisi skala self management dan prokrastinasi
akademik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment
pearson.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang cukup
kuat antara self management dan prokrastinasi akademik pada mahasantri. Hal
tersebut dibuktikan dari hasil uji korelasi dengan nilai signifikansi 0,000. Jika
nilai signifikansi kurang dari 0,05, maka dapat dikatakan memiliki pengaruh.
Pengaruh kedua variabel tersebut tergolong tingkat yang cukup kuat, karena pada
nilai pearson correlation menunjukkan nilai 0,567 termasuk dalam kategori
rentang 0,41 – 0,60 sesuai dengan pedoman tingkat korelasi. Maka dari itu, dapat
dijelaskan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Fitriyah Nurfadhila Sucipto
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:07
Last Modified: 08 Aug 2024 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33377

Actions (login required)

View Item View Item