Implementasi Akuntansi Lingkungan Dalam Pengelolaan Limbah UD. Gotong Royong di Desa Gunung Malang Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo

Damayanti, Alvina (2024) Implementasi Akuntansi Lingkungan Dalam Pengelolaan Limbah UD. Gotong Royong di Desa Gunung Malang Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-065-AKSYA-2024)
ALVINA DAMAYANTI_204105030085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (24MB)

Abstract

Perkembangan industri yang semakin meningkat memberikan dampak yang signifikan terhadap lingkungan. Hal ini diakibatkan karena adanya limbah produksi hasil dari aktivitas perusahaan yang dapat merusak lingkungan. Akuntansi lingkungan dapat menjadi solusi alternatif untuk membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan dampak lingkungan dari kegiatan operasional perusahaan. Adanya Akuntansi lingkungan dapat membantu dalam mengelola limbah dan mengurangi pencemaran, serta dapat meminimalisir biaya yang akan dikeluarkan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana pengelolaan limbah UD. Gotong Royong di Desa Gunung Malang Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo? 2) Bagaimana penerapan akuntansi lingkungan pada UD. Gotong Royong di Desa Gunung Malang Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo.
Tujuan dari penelitian ini yakni: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengelolaan limbah UD. Gotong Royong di Desa Gunung Malang Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan akuntansi lingkungan pada UD. Gotong Royong di Desa Gunung Malang Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif menggunakan data kualitatif seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memahami dan menjelaskan fenomenal sosial. Untuk jenis penelitian peneliti menggunakan penelitian deskripstif, yaitu penelitian kualitatif bersifat mendeskripsikan makna dan data atau fenomena yang dilakukan oleh peneliti, dengan menyertai bukti-buktinya.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) UD. Gotong Royong sudah menerapkan akuntansi lingkungan namun masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari adanya inisiatif untuk mengidentifikasi biaya lingkungan, mengukur menggunakan historys Cost, dan mengakui biaya lingkungan dengan Cash Basis. Namun dalam penyajiannya masih belum memiliki pos-pos khusus karena dijadikan satu dengan biaya umum lainnya. Untuk pengungkapan juga belum dilakukan karena dalam penyajian atau pelaporannya masih belum ada serta masih belum ada yang membutuhkannya. 2) UD. Gotong Royong sudah mengelola limbah dengan baik, yakni dengan cara Reduce (Mengurangi), Reuse (Menggunakan kembali), Recycle (Mendaur ulang), dan Recovery (memulihkan).

Kata Kunci: Akuntansi Lingkungan, Pengelolaan Limbah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Alvina Damayanti
Date Deposited: 19 Jun 2024 06:35
Last Modified: 10 Jul 2024 03:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33382

Actions (login required)

View Item View Item