Mahasibi, Muhammad Haris (2024) Implementasi pembelajaran abad 21 pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Balung Jember tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-007-IPS-2024)
M. HARIS MAHASIBI_T20199029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Muhammad Haris Mahasibi, 2024: Implementasi Pembelajaran Abad 21 Pada
Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Balung Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci : Pembelajaran Abad 21, Mata Pelajaran IPS
Abad 21 merupakan abad pengetahuan, abad dimana informasi banyak
tersebar dan teknologi berkembang. Karakteristik abad 21 ditandai dengan
semakin bertautnya dunia ilmu pengetahuan, sehingga sinergi diantaranya
semakin cepat. Dalam konteks pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi
di dunia pendidikan, telah terbukti dengan semakin menyempit dan meleburnya
faktor “ruang dan waktu” yang selama ini menjadi aspek penentu kecepatan dan
keberhasilan ilmu pengetahuan oleh umat manusia.
Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran
Abad 21 pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Balung Jember Tahun
Pelajaran 2023/2024. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Abad 21 pada
mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Balung Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
3) Bagaimana assesmen pembelajaran Abad 21 pada mata pelajaran IPS di SMP
Negeri 2 Balung Jember Tahun Pelajaran 2023/2024
Tujuan Penelitian ini adalah: 1)Mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran Abad 21 pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Balung Jember
Tahun Pelajaran 2023/2024. 2)Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Abad
21 pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Balung Jember Tahun Pelajaran
2023/2024. 3)Mendeskripsikan assesmen pembelajaran Abad 21 pada mata
pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Balung Jember Tahun Pelajaran 2023/2024
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data
menggunakan pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, Penarikan
Kesimpulan / Verivikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan
triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada tahap perencanaan, guru
IPS merancang modul ajar sebagai panduan dalam pelaksanaan pembelajaran,
dengan langkah-langkah berikut: a) memahami Capaian Pembelajaran (CP), b)
Merumuskan Tujuan Pembelajaran, c) Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran, d)
Merencanakan Pembelajaran dan Asesmen. 2) Pada tahap pelaksanaan, guru
melibatkan beberapa tahapan, yaitu: a) pembukaan pelajaran dengan salam, doa,
dan pemeriksaan kehadiran siswa. b) penyampaian materi pelajaran tentang peta,
c) penggunaan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam
proses pembelajaran, seperti penjelasan materi, tugas kelompok. d) pencarian
referensi dan data terkait masalah, serta diskusi dan presentasi hasil pembelajaran.
e) Media pembelajaran seperti globe/peta/atlas menyesuaikan dengan materi
pembelajaran e) Pelajaran ditutup dengan pengulangan materi yang baru dipelajari
oleh siswa. 3) Pada tahap assesmen, dilakukan dengan a) melalui penilaian
formatif menggunakan observasi saat proses diskusi dan presentasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Muhammad Haris Mahasibi |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 06:26 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33390 |
Actions (login required)
View Item |