Pengembangan media Gamifikasi berbasis aplikasi Wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember

Khoiriyah, Siti Imroatul (2024) Pengembangan media Gamifikasi berbasis aplikasi Wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK - 013 - PGMI - 2024)
Skripsi Siti Imroatul Khoiriyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Siti Imroatul Khoiriyah 2024 : Media Gamifikasi Berbasis Aplikasi Wordwall pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember
Kata Kunci :Pengembangan, Media Pembelajaran Gamifikasi Berbasis Aplikasi Wordwall , Pelajaran Pendidikan Pancasila .
Dalam proses belajar mengajar, selain penyampaian materi dari guru kepada peserta didik, yang sangat penting dan harus diperhatikan adalah pemilihan metode yang tepat, agar tercapainya tujuan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran pun harus dicermati. Pasalnya, keduanya saling berkaitan, karena bisa membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Akan tetapi, dalam pemilihan media tentu harus jelas alasan mengapa memilih media tersebut, sesuai tidak dengan materi yang diajarkan dan apakah bisa mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang diharapkan
Tujuan dari pengembangan media Gamifikasi Berbasis Aplikasi Wordwall adalah agar dapat menumbuhkan rasa partisipasi kepada peserta didik, media ini dapat dimainkan secara online dan juga dapat didesain semenarik mungkin, Maka dari itu perlu dikembangkan media Gamifikasi Berbasis Aplikasi Wordwall pada pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember agar peserta didik termotivasi untuk mengikuti pembelajaran, dan pembelajaranpun terlihat menarik.
Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan
prosedural yang bersifat deskriptif model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu
analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan persentase dari para ahli sebagai berikut: pengguna (Guru kelas) sebesar 96,59%; ahli materi sebesar 93,18%; dan ahli bahan ajar sebesar 96,66%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penggunaannya untuk pembelajaran sangat layak digunakan. Hasil uji coba yang melibatkan 25 siswa menghasilkan persentase sebesar 96%, .Selain itu, skor rata-rata post-test pada uji coba tersebut yakni 92, lebih tinggi dari hasil pre-test yang hanya 72. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Gamifikasi Berbasis Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Kegiatan Gotong Royong diLingkungan Sekitar pada Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember dalam proses pembelajaran sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MS Siti Imroatul Khoiriyah
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:14
Last Modified: 02 Jul 2024 06:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33398

Actions (login required)

View Item View Item