Hanum, Annida Zulfia (2024) Pengaruh pembelajaran REMAP GI (READING CONCEPT MAP GROUP INVESTIGATION) terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Pasirian Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI AHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK - 022 - PGMI - 2024)
WATERMARK ANNIDA ZULFIA HANUM.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Annida Zulfia Hanum, 2024: Pengaruh Model Pembelajaran Reading Concept Map Group Investigation (REMAP GI) terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V Madrsah Ibtidaiyah Nurul Islam Pasirian Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Reading Concept Map Group Investigation, Hasil Belajar
Model pembelajaran Reading Concept Map Group Investigation (REMAP GI) merupakan model pembelajaran yang menggabungkan tiga kegiatan pembelajaran yaitu membaca, membuat peta konsep, dan investigasi secara berkelompok. Adapun teori yang menyatakan adalah Devi Sriandiani yang dalam penelitiannya menyatakan bahwa REMAP GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu penelitian oleh Dewi Karomika yang menyatakan bahwa REMAP GI dapat meningkatkan hasil kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di MI Nurul Islam karena berdasarkan wawancara pra observasi, di sekolah tersebut pembelajaran IPAS masih menggunakan model konvensional sehingga diperlukan adanya inovasi model pembelajaran. Model pembelajaran Reading Concept Map Group Investigation (REMAP GI) dirasa perlu diterapkan dalam penerapannya terdapat proses yang mengacu pada peningkatan hasil belajar.
Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran reading concept map group investigation (REMAP GI) terhadap hasil belajar IPAS peserta didik Kelas V MI Nurul Islam Pasirian Tahun Pelajaran 2023/2024. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan apakah model pembelajaran Reading Concept Map Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPAS Peserta didik kelas V di MI Nurul Islam Pasirian
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian quasi experiment dan desain penelitian yaitu posstest only control group design. Pengambilan sampel dengan teknik sampling purposive. Sampel penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas eskperimen dan VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 63. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes dan dokumentasi dan uji analisis data menggunakan uji Shapiro Wilk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Reading Concept Map Group Investigation (REMAP-GI) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan melalui analisis data menggunakan uji shapiro wilk pada kelas eksperimen yang memiliki kriteria nilai T (T-statistic) 0,915, p-value 0,15. Sedangkan kelas control memiliki kriteria nilai T (T-statistic) 0,901, p-value 0,07.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Annida Hanum |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 06:04 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 05:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33400 |
Actions (login required)
View Item |