STUDI ETNOBOTANI PEMANFAATAN BAHAN PERAWATAN SEBELUM DAN SESUDAH MELAHIRKAN OLEH MASYARAKAT SUKU SAMIN DI KABUPATEN BOJONEGORO SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

Nurul Faizah, Nurul Faizah (2024) STUDI ETNOBOTANI PEMANFAATAN BAHAN PERAWATAN SEBELUM DAN SESUDAH MELAHIRKAN OLEH MASYARAKAT SUKU SAMIN DI KABUPATEN BOJONEGORO SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NURUL FAIZAH.SK.pdf

Download (57MB)

Abstract

Etnobotani merupakan ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan tumbuhan dan manusia dalam keperluan sehari-hari seperti pada adat,suku, dan bangsa. Salah satu suku yang memanfaatkan tumbuhan dalah kehidupannya adalah Suku Samin. Padamasyarakat Suku Samin menggunakan tumbuhan dalam perawatansebelumdansesudahmelahirkan.SukuSamindikenalsebagaisukuyang unik karena masih menjaga dan melestarikan tumbuhan hingga sekarang tanpa terpengaruh oleh perkembangan zaman. Fokus Penelitian ini adalah: 1)Apa saja jenis tumbuhan yang digunakan dalam perawatan sebelum dan sesudah oleh masyarakat Suku Samin?, 2)Bagaimana cara pengolahan ramuan perawatan sebelum dan sesudah melahirkan oleh masyarakat Suku Samin?,3)Apa saja manfaat dari ramuan perawatan sebelum dan sesudah melahirkan oleh masyarakat Suku Samin?,4)Bagaimana cara masyarakat Suku Samin mempertahankan tradisi Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi Etnobotani. Adapun lokasi penelitian yang dipilih yakni Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro. Subjek penelitian yang digunakan adalah kepala Suku Samin dan masyarakat Suku Samin dengan menggunakan Teknik SnowballSampling.Teknikpengumpulandatapadapenelitianiniberupaobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalahdata kualitatif Model Miles dan Huberman yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu data collection, data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. perawatan sebelum dan sesudah melahirkan?. Berdasarkan hasil penelitian1)Terdapat30 jenis tumbuhan yang digunakan oleh masyarakat Suku Samin dalam perawatan sebelum dan sesudah melahirkan, diantarannyaadalah Tumbuhan Adas, Asamm, Beluntas, Cengkeh, Ciplukan, Jahe, dan lainnya. 2)Cara pengolahan ramuan dengan ditumbuk terlebih dahulu menggunakanbatuataukayu,laludisaringdengankainsehinggamenghasilkansari yang pekat, kemudian direbus hingga matang.3)Manfaat ramuan yang digunakan dalam perawatan sebelum dan sesudah melahirkan adalah untuk dapat melancarkan produksi ASI, untuk meredakan nyeri setelah melahirkan, untuk menyehatkan dan menyegarkan tubuh, dan untuk memberikan aroma wangi pada daerah kemaluan.4)Cara Suku Samin mempertahankan tradisi perawatan sebelum dan sesudah melahirkanadalah mematuhi ajaran Pitutur Luhur (Saminisme)yang mereka yakini bisa memberikan kehidupan yang lebih baik. Penelitian ini menghasilkan output berupasumber belajaryang dapat digunakan untuk siswa dan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Nurul Faizah Famili
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:19
Last Modified: 19 Jun 2024 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33401

Actions (login required)

View Item View Item