Pemanfaatan Candi Deres Sebagai Sumber Belajar IPS untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SMPN 2 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember

Lutfi, M. Zidni Nuron (2024) Pemanfaatan Candi Deres Sebagai Sumber Belajar IPS untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SMPN 2 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-013-IPS-2024)
M. Zidni Nuron Lutfi_201101090007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

M. Zidni Nuron Lutfi, 2024: Pemanfaatan Candi Deres sebagai Sumber Belajar
IPS untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik di SMPN 2 Kecamatan
Gumukmas Kabupaten Jember.
Kata kunci: Sumber belajar, minat belajar, pembelajaran IPS.
Pemanfaatan Candi Deres sebagai sumber belajar IPS merupakan
pembelajaran kreatif dan inovatif sebagai bentuk implementasi dari tujuan
pembelajaran IPS.Dalam aspek pendidikan, pemanfaatan Candi Deres memiliki
relavansi dengan dengan materi kelas VII semester ganjil tingkat SMP fase D
bidang sejarah. Dengan pemanfaatan benda-benda peningggalan yang ada di
Candi Deres, diharapkan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Seperti
menimbulkan rasa penasaran dan lebih antusias dalam mengikuti proses
pembelajaran IPS. Sehingga proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat
lebih efektif.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemanfaatan Candi Deres
sebagai sumber belajar IPS untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di
SMPN 2 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember? 2) Bagaimana peningkatan
minat belajar peserta didik dari dampak pemanfaatan Candi Deres sebagai sumber
belajar IPS di SMPN 2 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember? 3) Bagaimana
faktor pedukung dan faktor penghambat pemanfaatan Candi Deres sebagai
sumber belajar IPS untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di SMPN 2
Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan
Candi Deres sebagai sumber belajar IPS untuk meningkatkan minat belajar
peserta didik di SMPN 2 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. 2) Untuk
mendeskripsikan peningkatan minat belajar peserta didik dari dampak
pemanfaatan Candi Deres sebagai sumber belajar IPS di SMPN 2 Kecamatan
Gumukmas Kabupaten Jember. 3) Untuk mendeskripsikan faktor pedukung dan
faktor penghambat pemanfaatan Candi Deres sebagai sumber belajar IPS untuk
meningkatkan minat belajar peserta didik di SMPN 2 Kecamatan Gumukmas
Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan(field research).Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan analisis
Miles dan Huberman dengan tahapan sebagi berikut: kondensasi data,
penyajiandata, dan penarikan atau verifikasi kesimpulan.
Kesimpulan penelitian ini bahwa 1)Pemanfaatan Candi Deres sebagai
sumber belajar IPS dilakukan di dalam dan di luar kelas,dengan tahapan
observasi, pelaksanaandanpengumpulan tugas.2) Peningkatan minat belajar
peserta didik dapat diketahui dari indikator-indikator sebagai berikut: antusias
peserta didik, perasaan senang, perhatian peserta didik dan peserta didik yang
terlibat aktif dalam proses pembelajaran. 3) Faktor pendukung: Tidak perlu
merancang, jarak yang dekat, hemat biaya, peserta didik dapat mengetahui sejarah
dan cagar budaya lokal di sekitar sekolahdanproses pembelajaran di Candi Deres
dapat dikombinasikan dengan fungsi eduktif dan fungsi rekreasi. Sedangkan
faktor penghambat: alokasi waktu, pengkondisian peserta didik, tinnggi rendanya
jalanan dan tidak ada fasilitas yang lengkap di Candi Deres.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2101 Archaeology > 210102 Archaeological Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Zidni
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:43
Last Modified: 03 Jul 2024 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33411

Actions (login required)

View Item View Item